1 porsi pecel sayur tanpa nasi berapa kalori

Magelang - Seringkali dengan padatnya aktivitas, banyak yang tak menyadari berat badan yang kian meningkat. Inilah yang dialami oleh Muhammad Ibnu Haiban (27), yang memutuskan untuk berdiet setelah merasa tubuhnya mulai 'berat'.

Kepada detikHealth, pria dengan tinggi badan 170 cm dan berat badan sebelum berdiet 86 kg ini menceritakan pengalamannya hingga berhasil menurunkan berat badannya menjadi 74 kg, seperti ditulis pada Rabu (7/5/2014):

Saya mulai menerapkan program penurunan berat badan karena badan saya sudah terasa berat dan saya malas untuk beraktivitas. Saat saya kemudian menimbang, ternyata bobot saya memang mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Berat badan yang semula 70 kg naik menjadi 86 kg.

Pada tahap awal saya melakukan diet, pola makan yang biasa saya jalani berubah total. Saya makan pecel sayur saat siang dan sore hari. Jika saya merasa lapar, saya akan makan buah sebagai camilan. Saya sama sekali tidak mengonsumsi nasi putih.

Untuk kegiatan fisik, saya melakukan olahraga dengan berlari menaiki anak tangga yang ada di daerah pegunungan yang dekat dengan rumah saya. Kegiatan tersebut saya lakukan 5 kali dalam seminggu.

Dengan program diet tersebut, dalam waktu 7 hari bobot tubuh saya turun sebanyak 4 kg. Hari-hari berikutnya saya mengubah pola diet saya.

Saya makan sayuran rebus dan ditambah dengan lauk pauk seperti pepes ikan atau ayam bakar. Saya masih tidak mengonsumsi nasi putih sama sekali. Saya melakukan pola makan tersebut selama 5 hari saja. Karena jika hari libur, saya tidak memikirkan diet dan memenuhi nafsu makan saya.

Pada hari libur saya juga tidak melakukan olahraga sama sekali. Saya berolahraga hanya 3 kali dalam seminggu. Lalu pada minggu berikutnya, saya rutin berolahraga di pusat kebugaran 5 kali dalam seminggu dan juga mengonsumsi suplemen yang mengandung protein tinggi.

Dengan pola yang sudah saya jalani tersebut, dalam waktu satu bulan bobot tubuh saya sudah turun 12 kg menjadi 74 kg, padahal awalnya bobot tubuh saya mencapai 86 kg. Badan saya juga sekarang terasa lebih segar. Yang membuat saya lebih senang adalah pakaian kesukaan saya bisa dipakai lagi.

(ajg/vit)

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan kalori setiap manusia berbeda-beda. Kebutuhan kalori tergantung usia, aktivitas, dan berat badan.

Walau begitu tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengetahui jumlah kalori yang terkandung dalam makanan. Tujuannya tak lain untuk mencegah jumlah kalori yang berlebih sehingga menumpuk di dalam tubuh.

  • Cuaca Besok Senin 31 Oktober 2022, Cerah Berawan Siang Malam di Langit Jakarta
  • Cuaca Hari Ini Minggu 30 Oktober 2022, Cerah Berawan Mendominasi Langit Jabodetabek
  • 6 Destinasi Wisata Kekinian di Jakarta, Tak Perlu Keluar Banyak Ongkos

Berikut ini informasi jumlah kalori 10 hidangan Indonesia yang wajib kamu ketahui: 

1. Pempek

Seporsi pempek yang terbuat dari tepung sagu, telur, dan minyak mengandung sekitar 240-380 kalori.

2. Gado-Gado

Menu lontong dan sayur-mayur yang disiram bumbu kacang ini mengandung sekitar 488 kalori. Gado-gado mengandung banyak jenis nutrisi di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

3. Bakso

Semangkuk bakso daging sapi dengan mie dan pelengkap lainnya mengandung sekitar 325 kalori. Walaupun kalorinya terbilang rendah, jumlah lemak dalam bakso tinggi, lho. Jadi, tetap perhatikan porsimu ya.

4. Nasi Soto Ayam

Semangkuk nasi dengan soto yang ditaburi daging ayam, bihun, dan telur mengandung sekitar 596 kalori. Triknya, kurangi porsi nasi agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

5. Mie Instan

Sebungkus mie instan mengandung sekitar 350-400 kalori. Namun hati-hati, jika kamu makan dua bungkus mie instan sekaligus, ditambah telur dan nasi, ini berbahaya! Karena, kamu dapat mengkonsumsi total 900-1000 kalori.

6. Nasi Campur

Nasi campur di berbagai daerah Indonesia yang bervariasi isinya. Jumlah kalori yang umum ditemukan pada nasi campur adalah sekitar 680 kalori. Nasi campur yang terdiri dari berbagai macam lauk dan sayuran, gizinya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

7. Nasi Goreng

Makanan yang didominasi oleh nasi, daging, telur, dan minyak goreng ini memiliki kalori yang terbilang tinggi, yaitu sekitar 740 kalori! Hindari makan nasi goreng di malam hari agar dietmu berhasil, ya!

8. Nasi Rawon

Nasi rawon mengandung sekitar 680 kalori per porsinya, yang didapat dari daging dan nasi. Ini belum termasuk dengan lauk pendamping rawon seperti tempe goreng, telur asin, dan kerupuk udang.

9. Nasi Pecel

Menu yang didominasi oleh nasi, sayuran dan bumbu pecel ini mengandung sekitar 496 kalori. Tapi kamu tetap harus mengawasi jumlah kalori pada lauk tambahan seperti tempe, telur, dan dadar jagung yang belum termasuk dalam jumlah kalori tadi.

10. Sate Ayam

Seporsi sate ayam yang berisi 10 tusuk sate dan lontong dengan bumbu kacang atau kecap mengandung 681 kalori. Agar tetap ramping, cukup makan 5-6 tusuk sate saja per porsinya dan hindari terlalu banyak mengonsumsi lontong.

Jika Anda mencari atau menyewa layanan jasa konsultan gizi, Seekmi.com memiliki banyak pengalaman dalam menemukan jasa yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan Anda. Daftarkan segera atau hubungi Seekmi untuk mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

(Seekmi)

KOMPAS.com - Semua orang sebenarnya sudah tahu, untuk dapat menurunkan berat badan, kita harus mengatur pola makan dan berolahraga. Namun siapa yang tidak tergoda melihat teman yang dalam beberapa bulan terlihat jauh lebih kurus, entah karena menjalani akupunktur, minum minuman pelangsing, tidak makan nasi, dan lain sebagainya. Jika si A bisa, mengapa saya tidak bisa? Begitu mungkin pikir Anda.

Dawn Jackson-Blatner, RD, juru bicara American Dietetic Association (ADA), tidak setuju dengan pemikiran ini. "Jangan terkecoh dengan berpikir bahwa turunnya berat badan itu karena makanan, pil, atau ramuan tertentu. Apa yang menyebabkan berat badan turun adalah mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar," katanya.  "Diet tidak seimbang menyebabkan berat turun karena pada dasarnya merupakan diet rendah kalori."

Setelah beberapa minggu menjalani diet yang tidak realistis, Anda biasanya menjadi frustrasi dan menyerah. Perasaan gagal inilah yang membuat mereka segera kembali menjalani gaya hidup yang tidak sehat. "Diet seperti ini tidak hanya gagal menurunkan berat badan dalam jangka waktu panjang, tetapi juga membuat Anda tidak termotivasi, dan akhirnya berat kembali naik," jelas Michelle May, MD, penulis Am I Hungry?What to Do When Diets Don't Work."Dengan kata lain, Anda menjadi lebih parah daripada sebelum Anda mulai diet."

Berikut adalah jenis diet yang tidak akan bertahan lama, menurut para ahli dari WebMD : 

1. Diet yang berfokus pada makanan tertentu (seperti sup kol, grapefruit, vegetarian, makanan mentah, dan diet rendah karbohidrat). Hati-hati dengan diet yang mengatur kelompok-kelompok makanan seperti ini. Kita seharusnya makan berbagai variasi makanan untuk mendapatkan seluruh manfaat vitamin dan mineral yang dibutuhkan, demikian menurut Andrea Giancoli, MPH, RD, juru bicara ADA.

David Katz, MD, pengajar di Yale University dan penulis buku The Flavor Point Diet, mengatakan bahwa membatasi makanan tertentu awalnya memang berhasil, namun akan gagal dalam jangka waktu panjang. Anda bisa saja menurunkan berat badan dengan hanya mengonsumsi satu jenis makanan, misalnya pecel, tapi berapa lama sih Anda bisa mengonsumsi pecel? Anda pasti akan segera bosan karena memakan makanan yang itu-itu saja, dan mulai menginginkan makanan kesukaan Anda yang biasa. Akhirnya, Anda kembali ke pola makan Anda yang lama.

Yang perlu Anda jadikan pegangan, semua jenis makanan dapat menyehatkan Anda selama dikonsumsi secukupnya (termasuk di dalamnya adalah daging-dagingan, ice cream, bahkan keripik). Ingat, komposisi gizi seimbang adalah karbohidrat 60-70%, protein 10-15%, dan lemak 20-25%.

2. Diet detox, yang bertujuan untuk membersihkan usus, liver, membuang racun, dan lain sebagainya. "Semua hal berkaitan dengan pengaliran dan pembersihkan ini adalah omong kosong, karena tidak ada dasar ilmiahnya," tegas Pamela Peeke, MD, kepala koresponden medis untuk Discovery Health channel.  "Tubuh kita dilengkapi dengan organ-organ seperti liver dan ginjal, dan sistem kekebalan, untuk membersihkan sendiri racun-racun yang ada, tanpa bantuan 'pembersih' lainnya."

3. Diet dengan makanan berkhasiat atau suplemen lain (seperti air fruktosa, jeruk pahit, green tea, cuka apel). Orang yang ingin berdiet selalu mencari makanan, pil, atau formula lain yang akan membantu mereka menurunkan berat badan. Sayangnya, tidak ada yang namanya ramuan "ajaib". "Tidak ada makanan khusus atau kelompok makanan yang dimakan bersama atau pada waktu tertentu bisa mempengaruhi turunnya berat badan," kata Michelle May.  

Waspadalah dengan trik diet yang menyarankan Anda mengonsumsi suplemen, ensim, atau formula tertentu. "Anda tidak perlu suplemen yang mahal kok," ujar Blatner. "Jika Anda ingin minum multivitamin sekali sehari untuk menjamin nutrisinya sih, boleh-boleh saja. Tetapi sebaiknya Anda mendapatkan nutrisi dari makanan saja."

4. Berpuasa atau diet rendah kalori. Berpuasa dengan tujuan menurunkan berat badan ada kontraproduktif, demikian menurut Giancoli. "Ketika Anda mengonsumsi sedikit kalori, tubuh Anda mengira sedang kelaparan, dan menyesuaikan metabolismenya. Namun ketika Anda kembali makan secara normal, metabolisme Anda tidak menyesuaikan kembali, dan karenanya Anda butuh lebih sedikit kalori daripada sebelumnya," paparnya.

Yang lebih parah, turunnya berat badan selama puasa biasanya merupakan kombinasi lemak, cairan, dan otot, namun berat yang Anda dapatkan kembali kemungkinan besar lemak seluruhnya. Itu sebabnya saat puasa, Anda merasa lemas atau kekurangan energi saat harus beraktivitas fisik.

Blatner menambahkan, diet yang menjanjikan kehilangan berat badan antara 2,2 - 6,8 kg dalam waktu singkat sebenarnya tidak realistis. Tergantung berapa banyak yang ingin Anda turunkan, awalnya Anda mungkin akan kehilangan cairan. Namun dari waktu ke waktu rata-rata berat yang turun sekitar 0,45 kg setiap minggu. 

Diet sederhana
Dalam melaksanakan program diet, sebaiknya Anda mencari satu pola yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Diet terbaik adalah bila dilakukan dengan aman, sederhana, dan dalam jangka waktu panjang. "Lupakan tentang diet, dan pikirkan saja strategi untuk memuaskan rasa lapar dengan mengonsumsi lebih sedikit kalori," kata Katz. "Makan lebih banyak buah-buahan, sayur, whole grain, dan protein tanpa lemak, juga dapat membantu mengatasi nafsu makan."

Blatner menyarankan untuk mengikuti pendekatan tiga langkah yang ia gunakan untuk kliennya:
1. Lakukan inventarisasi mengenai apa yang Anda kerjakan sekarang, dan kenali kapan Anda paling sering merasa lapar. Kebanyakan orang paling resah menjelang pukul 15.00; saat itulah mereka merasa ingin ngemil. Katz menyarankan agar kita mengenali apa yang membuat berat badan naik, dan atasi dulu masalahnya. Contohnya, jika Anda cenderung makan berlebihan saat stres, atasi dulu apa yang menyebabkan Anda stres.

2. Kenali satu hingga tiga perubahan kecil yang dapat Anda lakukan sekarang untuk diet dan berolahraga. Metode ini sudah terbukti aman, efektif, dan dapat berlangsung selamanya.

3. Evaluasi dalam beberapa minggu untuk melihat apakah perubahan tersebut betul-betul berhasil, lalu buat perubahan kecil lainnya. "Butuh sekitar 12 minggu untuk melihat kemajuannya, dan itulah saatnya Anda menyatukan perubahan-perubahan lainnya," jelas Blatner.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kenapa pecel kalorinya tinggi?

Dan bila berbicara kalori, penyumbang kalori terbesar dari pecel sayur itu adalah bumbu kacangnya, dan berapa volume bumbu kacang yang diberikan lebih sulit lagi disamakan antara satu penjual dengan yang lainnya.

Apakah pecel sayur sehat?

pecel termasuk makanan aman dan sehat karena terdiri dari banyak sayuran yang baik untuk kesehatan tubuh. disamping rasanya enak harganya pun juga terjangkau bagi semua kalangan. Sayur-sayuran banyak sekali vitamin yang terdapat pada pecel, apalagi sayuran hijau, lebih kaya lagi vitamin yang terkandung didalamnya.

Berapa kalori 1 sendok bumbu pecel?

Terdapat 220 kalori dalam 1 sendok (50 g).

Apakah boleh makan pecel setiap hari?

Konsumsi nasi pecel setiap hari tidak bermasalah apabila jumlah konsumsi tidak melebihi kebutuhan kalori harian dan tetap mengkonsumsi jenis makanan lainnya untuk mencukupi AKG.

Berapa kalori dalam 1 piring pecel?

Ukuran Lainnya: 1 mangkok - 553kkal, 1 porsi - 276kkal, lagi...

Kenapa pecel kalorinya tinggi?

Dan bila berbicara kalori, penyumbang kalori terbesar dari pecel sayur itu adalah bumbu kacangnya, dan berapa volume bumbu kacang yang diberikan lebih sulit lagi disamakan antara satu penjual dengan yang lainnya.

Bolehkah makan pecel setiap hari?

Konsumsi nasi pecel setiap hari tidak bermasalah apabila jumlah konsumsi tidak melebihi kebutuhan kalori harian dan tetap mengkonsumsi jenis makanan lainnya untuk mencukupi AKG.

Berapa kalori dalam 1 porsi pecel lele?

Ukuran Lainnya: 1 mangkok - 466kkal, 100 gram - 194kkal, lagi...