Apa saja yang harus disiapkan untuk jadi youtuber

Liputan6.com, Jakarta Cara menjadi YouTuber bagi pemula cukup mudah, namun harus dilakukan sesuai langkah. Memutuskan berkarier sebagai Content Creator di YouTuber tentunya harus disertai dengan ketetapan hati dan persiapan yang matang. Apalagi, jika kamu ingin menjadikannya sebagai pekerjaan utama. 

  • Begini Cara Membuat Status Video di WhatsApp Lebih dari 30 Detik
  • Ingin Jadi Content Creator Instagram dan YouTube, Ikuti 5 Tips Suksesnya
  • Ingin Menjadi Youtuber? Ini Cara Raup Uang dari Google Adsense

Banyak orang yang menganggap pekerjaan menjadi seorang YouTuber hanyalah sebatas merekam video, mengedit, mengunggahnya, dan menerima pembayaran. Namun, ternyata pekerjaan ini tidak sesederhana dan semudah itu.

Youtuber sendiri merupakan istilah bagi seseorang yang membuat konten kreatif di channel YouTube secara konsisten. Sebelumnya, YouTube dianggap hanya dijadikan sebagai hobi atau sambilan, tetapi sekarang ini Youtube sudah menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan.

Cara menjadi Youtuber bagi pemula harus dilakukan sepenuh hati jika ingin sukses. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkan semua hal yang dibutuhkan dalam rangka menjadi Youtuber ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/4/2020) tentang cara menjadi Youtuber

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Membuat Channel Youtube dan Tentukan Tema Konten

Cara Menjadi Youtuber (Sumber: Pixabay)

Membuat Channel Youtube

Cara menjadi youTuber yang pertama adalah membuat akun terlebih dahulu. Sebelum membuat channel Youtube, kamu harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Caranya dengan membuka situs Gmail dan ikuti panduan langkah-langkah mendaftarnya.

Selanjutnya, barulah kamu bisa membuat channel YouTube. Kamu bisa menggunakan nama pribadi atau nama yang mewakili isi dari konten-konten sebagai nama channel Youtube kamu. Setelah itu, barulah kamu bisa mengunggah konten Youtube.

Tentukan Tema Konten

Cara menjadi YouTuber berikutnya adalah menentukan tema konten atau isi channel YouTube kamu. Ada berbagai macam konten yang bisa kamu jadikan pilihan. Mulai dari konten game, makanan, traveling, fashion, konten memasak, dan lain-lain.

Mengisi channel YouTube kamu dengan konten-konten yang menarik akan membuat orang sering menunjungi video yang kamu unggah. Hal ini tentunya akan membuat channel kamu semakin dikenal banyak orang. Buatlah konten yang kamu suka agar membuat video menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Persiapkan Peralatan untuk Membuat Konten dan Share Konten Lewat Media Sosial

Share Konten Lewat Media Sosial / Sumber: iStock

Persiapkan Peralatan untuk Membuat Konten

Salah satu hal yang benar-benar harus dipersiapkan sebagai cara menjadi YouTuber adalah mempersiapkan peralatan untuk membuat konten. Alat penunjung ini tentunya sangat penting dalam menghasilkan konten atau video yang berkualitas.

Selain peralatan utama seperti ponsel atau komputer maupun kamera, kamu perlu alat penunjang lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan tema channel YouTube.

Share Konten Lewat Media Sosial

Sebagai Youtuber pemula, konten yang kamu buat tentunya tidak akan langsung ditonton oleh banyak orang. Untuk mendatangkan penonton, kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang kamu miliki untuk memporomosikannya.

Cara menjadi YouTuber selanjutnya adalah dengan membagikan video yang sudah diupload ke jejaring media sosial, seperti Facebook, Twitter, ataupun Instagram kamu, sehingga orang-orang tahu bahwa kamu telah membuat konten. Dengan membagikan konten di media sosial, maka teman-temanmu tentunya akan langsung menonton konten yang kamu buat.

Memaksimalkan Jumlah Subscriber dan Mengunggah Konten Secara Konsisten

Memaksimalkan Jumlah Subscriber

Setelah konten yang kamu buat ditonton oleh banyak orang, kadang ada yang akan berkomentar atau bertanya tentang video-video tersebut. salah satu cara menjadi YouTuber selanjutnya ini adalah dengan merespons berbagai komentar dari subscriber. Kamu bisa membalas komentar ataupun menyukai komentar tersebut.

Respons yang diberikan merupakan bentuk komunikasi tidak langsung antara YouTuber dengan penonton. Dengan membangun komunikasi seperti ini, channel YouTube kamu bisa lebih disukai, jumlah subscriber pun akan bertambah dengan sendirinya.

Selain itu, kamu juga bisa menambah jumlah subscriber dengan mengadakan giveaway untuk subscriber-mu. Tidak hanya untuk menambah minat orang untuk berkunjung ke channel YouTube kamu, hal ini juga sebagai apresiasi pada penonton yang telah setia menonton karyamu. Giveaway ini tidak perlu mahal-mahal, apalagi kamu baru YouTuber pemula.

Mengunggah Konten Secara Konsisten

Cara menjadi YouTuber selanjutnya adalah dengan mengunggah konten secara konsisten. Konsistensi dalam membuat dan mengunggah video itu sangat penting. Semakin sering membuat video, maka semakin sering pula akun YouTube kamu muncul di beranda laman ini. Apalagi bagi orang yang sudah pernah menonton video yang diunggah sebelumnya.

Meski konten yang dibuat kurang menarik perhatian, akan ada saja orang yang penasaran dan mengklik video yang kamu buat. Dengan konsistensi, jumlah pengunjung pun akan bertambah dengan sendirinya, karena mereka mengapresiasi usaha kamu dalam membuat video.

Ilustrasi Internet (iStockphoto via Google Images)

Masuk pada Pengaturan Video Manager YouTube

Setelah mengetahui cara menjadi YouTuber, tentunya kamu juga perlu mengenali cara mendaftarkan Google Adsense agar memiliki penghasilan dari pekerjaan ini.

Jika telah memiliki akun Google dan channel YouTube, kamu bisa mendaftar Google Adsense. Langkah yang harus dilakukan adalah pengaturan video manager yang ada pada akunmu. Akan muncul pada gambar bagian pojok kanan atas pada gambar profil, lalu cari dan klik ‘Creator Studio’. Akan muncul tampilan ‘Buat Saluran’.

Upload Video

Selanjutnya jangan lupa untuk upload video di akun YouTube kamu minimal tiga hingga lima video. Video harus asli buatan sendiri dan buatlah konten yang menarik agar banyak yang suka dan subscribe. Perhatikan juga pada saat mengunggah video, pilihlah judul video dan deskripsi video serta tags yang sesuai dengan video yang kamu unggah.

Aktifkan Monetasi YouTube

Pilih menu ‘Creator Studio’, kemudian masuk ke menu ‘Saluran - Status dan Fitur’. Terdapat kolom ‘Monetisasi’ kemudian pilih ‘Aktifkan’. Kemudian beri tanda checklist pada semua kolom kotak yang tersedia, lalu klik ‘Saya Setuju’.

Beri tanda checklist pada kolom kotak dan klik ‘Monetisasi’. Kamu hampir selesai membuat akun Adsense dan video yang dikirim sedang dalam tahap peninjauan oleh pihak Google Adsense.

Kaitkan Adsense YouTube

Klik ‘Monetisasi’, kemudian klik ‘Bagaimana Saya akan Dibayar’ dan klik ‘Mengaitkan Akun Adsense’. Selanjutnya kamu bisa klik pilihan ‘Berikutnya’. Kemudian isi data, jangan sampai asal isi data saat mendaftar Adsense di Youtube. Kemudian pilih ‘Kirim Permohonan Saya’.

Pasang Unit Iklan di YouTube

Kamu akan menerima e-mail mengenai status pengajuan kurang lebih dalam waktu seminggu. Nantinya, jika pengajuan permohonan Adsense diterima, kamu akan mendapat surat pemberitahuan yang dikirim ke alamat e-mail.

Nikmati Penawaran Terbaik dari Google

Dengan membaca ulasan yang diberikan, kamu akan semakin bersemangat mencari penghasilan dari Google. Mendapatkan penghasilan dari Google bukan sesuatu hal yang mustahil. Asal kamu melakukannya dengan tekun dan konsisten, kamu akan dapat menikmati keuntungannya.

Langkah awal menjadi seorang YouTuber?

11 Cara Menjadi YouTuber untuk Pemula, Pasti Berhasil!.
Pilih niche yang kamu minati..
Atur tujuan yang ingin dicapai..
Membuat perencanaan ide konten..
Buat channel dan akun YouTube..
Menyiapkan alat-alat untuk membuat konten..
Buat jadwal upload video ke YouTube..
Produksi konten dan editing..
Mempromosikan video YouTube..

1 ribu subscriber dapat uang berapa?

Sekarang, pakailah rumus RPM (revenue per impression) = (penghasilan/jumlah tampilan halaman) x 1.000. Dengan rumus tersebut, maka YouTuber dengan 1.000 subscribers akan mendapatkan penghasilan berkisar Rp50.000 sampai dengan Rp100.000 per bulan.

Bagaimana cara agar dapat uang dari YouTube?

Yuk simak berikut ini, cara mendapatkan uang dari Youtube, diantaranya:.
Buat Akun Youtube. ... .
2. Tentukan Niche. ... .
3. Tentukan Tipe atau Jenis Konten. ... .
4. Tentukan Unique Value dari Konten. ... .
Daftarkan Google Adsense. ... .
6. Tentukan Target Youtube. ... .
7. Pahami SEO dan Algoritma Youtube. ... .
Manfaatkan Fitur-Fitur Youtube..

Berapa uang yg di dapat dari YouTube?

Jika dihitung secara rata-rata, seorang YouTuber bisa menghasilkan uang sekitar US$ 3-5 atau setara Rp 45-75 ribu per satu video dengan 1.000 views. Hal itu belum ditambah pemasukan dari yang menyaksikan iklan di dalam video, yang nominalnya bisa mencapai US$ 18 atau setara Rp 270 ribu per 1.000 views.