Apakah perbedaan antara kompetisi dan predasi

A. Apa itu predasi?Bentuk interaksi dapat berupa saling merugikan, saling menguntungkan, atau hanya salah satu saja yang diuntungkan. Predasi adalah hubungan antara makhluk hidup pemangsa dengan makhluk hidup yang dimangsa.

Makhluk hidup pemangsa dalam hal ini disebut juga Predator. Kata predator, dari Bahasa Latin 'praeda', adalah makhluk hidup yang memperoleh sumber-sumber yang diperlukan dengan memakan makhluk hidup lain.

Jika yang dimangsa adalah produser, maka bentuk interaksi itu disebut herbivori, sedangkan hewan yang memakan produser disebut herbivor. Meski terdengar merugikan, predator penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Predator dapat mengurangi jumlah mangsa dan melahirkan para pemangsa baru. Seleksi alam menguntungkan predator yang lebih efektif dan mangsa yang lebih menghindar, sehingga tidak ada yang mendominasi.

Baca juga: Rantai Makanan: Definisi, Fungsi, hingga Jenisnya

Isi:

  • Perbedaan Utama - Predasi vs Parasitisme
  • Apa itu Predasi?
  • Apa itu Parasitisme?
  • Persamaan Antara Predasi dan Parasitisme
  • Perbedaan Antara Predasi dan Parasitisme

Perbedaan Utama - Predasi vs Parasitisme

Predasi dan Parasitisme adalah dua jenis interaksi interspesifik yang terjadi dalam suatu ekosistem. Interaksi antar spesies adalah jenis interaksi yang terjadi antara individu-individu dari spesies yang berbeda. Predasi dan parasitisme adalah interaksi yang berbahaya. Organisme aktif dalam predasi disebut predator sedangkan organisme pasif adalah mangsa. Dalam parasitisme, organisme aktif disebut parasit dan organisme pasif adalah tuan rumah. Perbedaan utama antara predasi dan parasitisme adalah bahwa predator segera membunuh mangsa dalam predasi sedangkan parasit tidak membunuh organisme inang. Namun, dalam beberapa kasus, parasit pada akhirnya dapat membunuh organisme inang.


Bidang-bidang Utama yang Dicakup

1. Apa itu Predasi
- Definisi, Karakteristik, Contoh
2. Apa itu Parasitisme?
- Definisi, Karakteristik, Contoh
3. Apa Persamaan Antara Predasi dan Parasitisme
- Garis Besar Fitur Umum
4. Apa Perbedaan Antara Predasi dan Parasitisme
- Perbandingan Perbedaan Kunci

Istilah Utama: Ekosistem, Organisme Tuan Rumah, Interaksi Antar Spesifik, Parasit, Parasitisme, Predasi, Predator, Mangsa


Pengertian Predasi dan Kompetisi

Dilansir dari Nature, simbiosis kompetisi adalah interaksi individu yang memperebutkan suatu sumber daya yang jumlahnya terbatas.

4+

KOMPAS.com: Berita Terpercaya

Baca Berita Terbaru Tanpa Terganggu Banyak Iklan

Dapatkan Aplikasi

Dalam kompetisi, biasanya organisme yang lebih kuatlah yang akan memenangkan sumber daya alam. Sedangkan organisme yang lebih lemah terpaksa harus mencari sumber daya lain dengan cara bermigrasi.

Simbiosis kompetisi adalah interaksi yang bernilai negatif. Hal ini karena satu organisme pasti akan dirugikan jika berkompetisi dengan organisme lainnya.

Baca juga: Macam-Macam Simbiosis dan Contohnya

Dilansir dari Natinoal Geographic, predasi adalah interaksi dimana satu hewan memakan hewan lainnya. Hewan yang memakan disebut dengan predator, sedangkan hewan yang dimakan disebut dengan mangsa.

Simbiosis predasi ini bersifat menguntungkan bagi hewan predator karena mendapatkan makanan. Namun bersifat merugikan bagi mangsa, karena predasi membunuh mereka.

5 Perbedaan Simbiosis Parasitisme dan Predasi

  • Kelas VII
  • 26 Januari 2019
  • 0

761

SHARES

ShareTweet

Perbedaan antara simbiosis parasitisme dan predasi, yaitu:

  1. Simbiosis parasitisme merupakan hubungan atau interaksi antara parasit dengan inangnya. Sedangkan predasi merupakan hubungan atau interaksi antara predator dengan mangsa.
  2. Pada simbiosis parasitisme, parasit bertugas mengambil zat-zat penting dari inangnya hingga inangnya mati secara perlahan. Sedangkan pada predasi, predator memburu mangsa hingga mati kemudian memakannya.
  3. Dalam simbiosis parasitisme, parasit bertugas merusak keseimbangan populasi makhluk hidup di alam. Sedangkan dalam predasi, predator bertugas menjaga keseimbangan populasi makhluk hidup di alam.
  4. Simbiosis parasitisme tidak menyebabkan peristiwa makan dan dimakan. Sedangkan predasi menyebabkan peristiwa makan dan dimakan yang membentuk rantai makanan.
  5. Sehingga simbiosis parasitisme susah untuk dikendalikan. Sedangkan predasi dapat dikendalikan.
  6. Simbiosis parasitisme contohnya hubungan antara tali putri dengan tumbuhan pagar. Sedangkan predasi contohnya hubungan antara harimau sebagai pemangsa dengan rusa sebagai mangsa.

Itulah 6 perbedaan simbiosis parasitisme dan predasi.

Apa yang membedakan predasi dengan kompetisi?

Predasi merupakan hubungan antara mangsa dan pemangsa, kompetisi merupakan persaingan antar organisme/populasi yang saling menghalangi dan parasitisme merupakan hubungan dua individu yang menguntungkan satu pihak namun pihak lain dirugikan.

Apa yang dimaksud dengan predasi dan kompetisi berikan contoh?

predasi adlh hubungan memakan dan dimakan, contohnya seekor harimau dengan seekor sapi. kompetisi adlh hubungan antara makhluk hidup untuk mendapatkan makanannya atau hubungan saling berkompetisi, contoh harimau dan singan memperebutkan seekor sapi.

Apa yang dimaksud dengan kompetisi predasi?

Predasi merupakan persaingan antara ikan predator dalam memperebutkan ikan prey (mangsa) demi mempertahakan hidupnya (Toaha, 2013). Pemangsa (predator): Dalam hal ini pemangsa memakan mangsa, tetapi mangsa memakan makanan lain Tanpa adanya mangsa, populasi menurun dan lama kelamaan akan musnah.

Apakah perbedaan dari simbiosis komensalisme dan predasi?

Komensalisme merupakan hubungan antara 2 organisme dimana satu organisme diuntungkan dan organisme lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan, contohnya yaitu anggrek dengan tanaman inangnya. Predasi merupakan hubungan antara organisme pemangsa dengan organisme yang dimangsa, contohnya yaitu singa dengan rusa.