Apakah yang dimaksud Microsoft Word berikan tiga fungsi utamanya?

KOMPAS.com - Bagi Anda yang sering bekerja atau membuat tugas dengan komputer atau laptop, pasti sudah tidak asing lagi dengan program aplikasi Microsoft Word.

Salah satu aplikasi buatan Microsoft itu merupakan software pengolah kata yang sangat populer dan banyak digunakan saat ini.

Fungsi dari Microsoft Word sendiri, tidak hanya sebatas untuk mengolah kata saja. Pengguna juga bisa mengandalkan Microsoft Word untuk menghitung bahkan mengoreksi kata-kata yang tidak tepat.

Baca juga: Nama dan Fungsi Toolbar di Microsoft Word

Untuk mengetahui lebih lanjut apa kegunaan Microsoft Word, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa kegunaan Microsoft Word?

  • Membuat surat

Salah satu kegunaan utama dari Microsoft Word adalah membuat berbagai macam surat, mulai dari surat yang sederhana hingga surat resmi untuk keperluan kantor, sekolah, dan lainnya.

Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan Microsoft Word untuk membuat kop surat. Sebelum dicetak, surat tersebut juga dapat diedit dengan menambahkan komponen lainnya seperti gambar atau tanda tangan digital.

  • Membuat dokumen

Sebagai aplikasi pengolah kata, Microsoft Word tentu menjadi pilihan banyak orang apabila ingin membuat dokumen dengan lebih mudah.

Dokumen yang dimaksud bisa berupa laporan kerja, tugas sekolah atau kuliah, novel, formulir, tabel, dan lain sebagainya.

Dengan dibekali sejumlah fitur, Microsoft Word dapat menunjang kebutuhan pengguna untuk melengkapi dokumen mereka seperti memasukkan gambar/foto, mengatur header dan footer, memformat halaman, memberikan nomor halaman, membuat daftar isi, memilih tulisan dengan berbagai macam font, hingga memasukkan alamat website.

  • Mengoreksi kata-kata

Untuk menghindari kesalahan penulisan ataupun ejaan, pengguna Microsoft Word bisa menggunakan fitur koreksi kata yang mendukung berbagai macam bahasa.

Lewat fitur ini, pengguna juga dimungkinkan untuk mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara otomatis serta mencari kata-kata secara cepat.

  • Membuat dan membuka file dari berbagai macam format

Saat awal kemunculannya, Microsoft Word hanya bisa membuat dan membuka ekstensi file dalam format .doc dan .docx.

Seiring berjalannya waktu, kini Microsoft Word dapat digunakan untuk membuat dan membuka file dengan ekstensi yang lebih beragam, mulai dari .dot, .html, .mhtml, .pdf, .txt, .wps, .xml, dan .xps.

  • Kolaborasi dengan program office lain

Salah satu fitur unggulan dari Microsoft Word yaitu dapat terintegrasi dengan layanan Microsoft Office lainnya di dalam satu aplikasi.

Baca juga: Microsoft Word Bisa Ubah Rekaman Suara Jadi Tulisan

Artinya, pengguna bisa mengakses layanan Microsoft Office sembari membuat dokumen di Microsoft Word.

Misalnya, jika pengguna Microsoft Word sedang membuat grafik atau tabel. Lantas, mereka dapat membuat kedua komponen tersebut melalui Microsoft Excel.

Selain dari segi kegunaan, apa saja manfaat dari Microsoft Word itu sendiri?

  • Pertama, dapat memudahkan pekerjaan. Berbagai fitur yang ditawarkan Microsoft Word dapat mendukung penggunanya untuk membuat dokumen secara mudah. Dengan begitu, segala macam pembuatan dokumen pun menjadi lebih praktis serta lebih rapih jika dibandingkan dengan tulisan tangan.
  • Kedua, menghemat waktu. Fitur koreksi kata yang bekerja secara serentak, tentu dapat menghemat waktu apabila proses pembuatan dokumen sedang berjalan. Terlebih, Microsoft Word sendiri juga memiliki fitur Mail Merge yang memungkinkan penggunanya dapat mengirim surat ke sejumlah orang secara bersamaan.
  • Ketiga, menghemat kertas. Dengan Microsoft Word, proses pengoreksian dokumen dapat dilakukan secara digital. Itu artinya, pengguna tidak memerlukan kertas untuk melakukan hal tersebut. Dengan begitu, otomatis pengguna bisa menghemat kertas dan juga biaya untuk mencetak dokumen itu (print).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagi kamu yang memiliki banyak tugas atau pekerjaan yang mengharuskan kamu menulis sebuah dokumen, pasti kamu sering menggunakan Microsoft Word. Aplikasi pengolah kata ini ternyata memiliki banyak fungsi yang perlu kamu ketahui. Salah satu bagian dari Microsoft Office ini sering kali digunakan karena penampilannya yang tidak rumit, penggunaannya yang sederhana, serta banyak fitur yang dapat memudahkan kamu untuk menulis sebuah dokumen, surat, atau kebutuhan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Microsoft Word, beserta fungsi dan fitur yang diberikan, mari simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 2 Cara membuat tabel di Microsoft Word dengan cepat dan mudah 2022

Apa itu Microsoft Word?


WYSIWYG adalah slogan yang digunakan oleh Microsoft Word. (sumber: shutterstock)

Microsoft Word atau biasa disebut Word adalah sebuah perangkat atau aplikasi yang merupakan bagian dari instalasi Microsoft Office. Word sendiri berbeda dengan instalasi Microsoft Office lainnya, Word pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen.

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata yang banyak digunakan orang dari berbagai macam kalangan. Selain karena penggunaannya yang mudah, aplikasi ini juga dapat digunakan di berbagai macam perangkat seperti Windows, Mac OS, Android, dan iOS.

Dengan slogan WYSIWYG atau What You See Is What You Get, Microsoft Word dapat meyakinkan pengguna bahwa apa yang dilihat di layar monitor adalah apa yang akan ditampilkan pada kertas saat dokumen dicetak.

Baca juga: Panduan cara membuat daftar isi secara otomatis dan manual di Microsoft Word

Fungsi Microsoft Word berdasarkan keperluannya


Fungsi Microsoft Word berdasarkan keperluan. (sumber: shutterstock)

Microsoft Word memiliki banyak fungsi sesuai dengan keperluan yang kamu butuhkan. Word menyediakan berbagai macam manfaat atau kegunaan untukmu.

1. Membuat dokumen penting untuk perkantoran

Microsoft Word banyak digunakan untuk membuat dokumen penting dalam sebuah dunia perkantoran, salah satunya membuat laporan keuangan. Untuk menggunakan membuat laporan keuangan, biasanya sebuah bisnis atau kantor menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen, karena tersedia berbagai fitur yang mempermudah dalam membuat sebuah dokumen laporan keuangan.

2. Membuat tugas makalah

Selain dunia perkantoran, Microsoft Word juga sangat berguna bagi seorang pelajar yang ingin membuat sebuah makalah atau tugas lainnya. Dengan keadaan saat ini, seorang pelajar sangat membutuhkan Microsoft Word untuk membuat tugas dan mengirimnya melalui email atau WhatsApp kepada guru.

3. Membuat skripsi

Untuk kamu yang sedang mengerjakan skripsi, tesis, laporan PKL, dan tugas lainnya, kamu pasti terbiasa menggunakan Microsoft Word. Aplikasi ini juga dapat memasukkan tabel, grafik, gambar yang kamu butuhkan dalam proses pengerjaan skripsi, tesis, laporan PKL, dan lain sebagainya.

4. Membuat CV

Di dalam dunia pekerjaan, saat kamu ingin melamar sebuah perusahaan, biasanya menggunakan CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup. CV kreatif juga bisa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word, lho! Kamu hanya perlu mengatur penempatan gambar, tabel, serta tulisan yang ingin kamu cantumkan di dalam CV kamu.

Baca juga: 3 Cara menghilangkan garis merah di Microsoft Word dengan mudah

Fungsi Microsoft Word secara umum


Fungsi Microsoft Word secara umum. (sumber: shutterstock)

1. Membuat surat

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan tujuan memberi tahu maksud pesan dari si pengirim. Baik formal maupun non formal, kamu dapat membuat surat di Microsoft Word dengan mudah, sehingga tidak perlu lagi menulis tangan ataupun mesin ketik.

2. Membuat grafik

Kamu ingin membuat grafik? Dengan Microsoft Word, kamu dapat membuat grafik dengan mudah. Ada banyak template yang disediakan di Microsoft Word yang dapat kamu pilih.

3. Memperindah dokumen

Kamu bosan dengan dokumen yang tampilannya biasa aja? Jangan khawatir, di Microsoft Word, kamu dapat memperindah dokumen dengan berbagai macam model font, warna, serta gambar. Banyak tools yang dapat kamu gunakan untuk memperindah sebuah dokumen, sehingga menjadi lebih menarik dan bervariasi.

4. Membuat tabel

Selain Microsoft Excel, kamu juga dapat membuat tabel di Microsoft Word dengan mudah. Caranya dengan klik tab “Insert”, lalu pilih “Table”. Kamu dapat memilih berapa jumlah kolom dan baris yang ingin dibuat. Setelah terbentuk, kamu juga bisa mengedit untuk menambahkan kolom dan barisnya.

Baca juga: Artificial intelligence terbaru microsoft word bantu proses penulisan

Fitur-fitur terbaru Microsoft Word


Beberapa contoh fitur yang telah hadir di Microsoft Word. (sumber: shutterstock)

1. Mode gelap

Salah satu fitur baru dari Microsoft Word yang menarik perhatian adalah mode gelap. Dengan mode ini, kamu dapat mengurangi ketegangan mata saat membuat sebuah dokumen atau surat yang mengharuskan kamu mengetik dalam jangka waktu yang lama.

2. Co-author office files

Microsoft Word kini menyediakan fitur penulisan bersama, dimana kamu dapat menuliskan sebuah dokumen secara berkelompok dalam waktu yang bersamaan. Fitur ini juga mempermudahkan kamu untuk mengerjakan sebuah dokumen.

3. Equation toolbar

Untuk menyelesaikan pekerjaan hitungan, biasanya kamu lebih suka menggunakan Microsoft Excel. Namun, pada Microsoft Word terdapat fitur equation toolbar yang dapat membantu soal hitung-hitungan kamu. Fitur ini bisa ditemukan di bagian tab “Insert”, lalu pilih menu “Symbols”. Terdapat banyak rumus atau persamaan yang bisa kamu gunakan, baik matematika, kimia, ataupun fisika.

4. Replace

Fitur yang satu ini sangat bermanfaat saat kamu butuh mengganti kesalahan saat mengetik. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk mengganti kata yang salah tanpa harus mencari pada semua paragraf ataupun satu dokumen. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu dapat klik menu “Replace” yang ada pada tab “Home”. Ketikkan kata yang salah di kolom “Replace”, lalu klik “OK”, maka kata yang salah akan terganti secara otomatis.

5. Translate tool

Jika kamu ingin menerjemahkan kata atau kalimat pada dokumen secara keseluruhan, Microsoft Word menyediakan fitur translate yang ada pada tab “Review”. Jika ingin menerjemahkan seluruh dokumen, silakan blok dokumennya terlebih dahulu, lalu pilih menu “Translate”, dan pilih bahasa terjemahan yang kamu inginkan. Fitur ini menyediakan beragam bahasa yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: Tahukah kamu, Google Docs bisa lakukan 10 hal ini?

Microsoft Word menawarkan banyak fitur untuk kebutuhan serta fungsi yang terus dikembangkan setiap waktunya. Dengan tujuan mempermudah proses pembuatan dokumen saat ini, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang penulis cerita atau apapun yang berhubungan dengan penulisan? Jika kamu ingin menjadi seorang penulis, EKRUT punya segudang informasi tentang ini, lho! Mulai dari lowongan pekerjaan, diskusi pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • techwalla
  • businesstustplus
  • linkedin

Apakah 3 fungsi utama dari Microsoft Word?

Microsoft Word mempunyai beberapa manfaat, antara lain: Mempermudah proses surat menyurat dan pembuatan dokumen. Meminimalisir kesalahan penulisan karena memiliki fitur auto correct dan cek ejaan dan grammar. Memiliki template yang dapat digunakan untuk membuat dokumen sesuai kebutuhan.

Apa yang dimaksud dengan word?

Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan masih banyak lagi dukumen- dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Word.

Apa yang dimaksud dengan Microsoft Word dan fungsinya?

Word adalah aplikasi yang merupakan bagian dari paket Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah teks dan dokumen, seperti makalah, surat-menyurat, buku, jurnal, artikel, laporan, dan sejenisnya.

Apa fungsi dari Microsoft Word brainly?

Fungsi utama dari Microsoft Word yakni mengolah kata, sehingga semua pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan kata dapat dikerjakan secara mudah dengan bantuan program ini.