Bagaimana cara belajar kamu di Masa pandemi ini

Aturan yang diterapkan pemerintah pada dunia pendidikan saat ini adalah pembelajaran di rumah karena pandemi virus corona. Walaupun kebijakan itu sangat baik tetapi belajar di rumah terkadang muncul rasa malas dibandingkan ketika berada di sekolah atau kampus.

Ada tips yang bisa kamu lakukan untuk melawan hal tersebut. Tips ini juga bisa dipakai untuk tugas-tugasmu lainnya juga yang dikerjakan secara “online”.

Kondisikan Seperti di Sekolah atau Kampus

Kondisikan suasana belajar seperti disekolah atau kampus. Tegas terhadap diri sendiri. Untuk belajar, kamu bisa pilih waktu yang tepat serta tempat yang nyaman. Sehingga kamu bisa mengerjakan dengan baik. Usahakan kamu tetap bagun pagi dan mandi pagi. Karena jika tidak mandi akan berpengaruh pada mood kamu untuk belajar.

Jaga Manajemen Waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru atau dosen.

Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada siswa yang melakukan remote learning.

Belajar dengan Serius

Kesalahan yang sering dilakukan siswa, sebagaimana dilansir dari Psychology Today adalah tidak fokus ketika melakukan remote learning. 

Selama melakukan pembelajaran di rumah, terdapat banyak sekali ‘gangguan’ yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita. 

Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam gangguan. Jika memungkinkan, sediakan ruang khusus untuk belajar dan menjauhkan diri dari gangguan anggota keluarga yang lain.

Diskusi

Belajar di rumah itu perlu diskusi agar mendapatkan apa yang dicari. Diskusi bersama teman-teman secara online.

Baik dari chat hingga video call. Selain itu berdiskusi juga dapat menghilangkan rasa bosan. (ED) 

Strategi Belajar Daring yang Efektif di Masa Pandemi

By : firdaus al Haq.

Pandemi covid 19 menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini, terhitung 193 negara telah berjuang untuk melawan serangan Covid yang tidak pandang bulu. Penyakit virus corona (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Walaupun lebih banyak menyerang ke lansia, virus ini sebenarnya bisa juga menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Virus corona ini bisa menyebabkan ganguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

Sebagai upaya untuk mencegah pandemi Covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan agar sekolah-sekolah meminta siswanya untuk belajar di rumah. Mulai 16 Maret 2020 hingga sekarang sekolah menerapkan metode pembelajaran siswa secara daring. Lalu, efektifkah pembelajaran daring ini?

Pembelajaran “daring” sebagai pilihan tunggal dalam kondisi pencegahan penyebaran covid 19memberi warna khusus pada masa perjuangan melawan virus ini. Bahkan bentuk pembelajaran ini juga dapat dimaknai pembatasan akses pendidikan. Pendidikan yang lumrah berlangsung dengan interaksi langsung antar unsur (pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik) beralih menjadi pembelajaran interaksi tidak langsung. Pembatasan interaksi langsung dalam pendidikan terkadang terjadi pada situasi tertentu namun tidak dalam rangka pembatasan sosial seperti yang masyarakat jalani sebagai upaya pencegahan penyebaran virus. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Selama lebih dari enam belas bulan lamanya, siswa terpaksa harus menjalankan pembelajaran daring akibat pandemi corona. Dengan adanya pandemi ini membuat beberapa siswa mengeluh karena merasa pembelajaran daring kurang efektif. Banyak gangguan yang membuat proses belajar mereka tidak maksimal. Lalu bagaimana cara belajar agar lebih efektif yang dapat diterapkan saat pandemi ini? Berikut cara-cara efektif dan tidak membosankan selama belajar di rumah :

Kita harus pandai mengatur manajemen waktu dengan baik: membuat jadwal dengan menuliskan apa saja yang harus dikerjakan dalam satu hari. Mempunyai target yang harus dicapai. 

Hal kedua yang perlu kita perhatikan untuk belajar dimasa pandemi yaitu ruang belajar, pilih ruang belajar yang nyaman, jangan pilih ruang belajar yang tidak ada menjadi satu dengan kamar tidur. Mengapa demikian ? Hal ini untuk mengurangi rasa malas karena keinginan untuk rebahan di tempat tidur. Siapkan tempat yang nyaman dan tidak berisik sehingga belajar dapat lebih efektif karena minim gangguan

kita mesti punya jadwal yang konsisten,  Jadwal dan target yang telah kita susun berguna agar kita tidak menunda-nunda mengerjakan sesuatu. Jadi, penting agar kita tetap dan terus mengerjakan apa-apa yang harus dituntaskan.

Hal yang sangat penting yaitu menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Menjaga kualitas tidur yang baik, dan hidup sehat berolaharga sangat membantu kita dalam mengoptimalkan jadwal belajar mandiri di masa pandemic dan makan makanan yang bergizi.

Dampak penyebaran pandemi COVID-19 di Indonesia membuat banyak sekolah meniadakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan menggantinya dengan metode belajar jarak jauh di rumah secara daring. Dengan harapan dapat membatasi interaksi fisik secara langsung guna menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

Belajar secara daring tentunya memiliki tantangan tersendiri. Karena dianggap lebih bebas dan fleksibel, tetapi justru siswa dituntut agar memiliki komitmen dan juga disiplin untuk melakukan pembelajaran secara mandiri di rumah. Selain itu, tentunya perangkat teknologi seperti gawai atau laptop serta jaringan internet yang baik harus tersedia.

Lalu, bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring dapat dilakukan secara efektif? Yuk ikuti beberapa tips berikut ini:

Atur waktu belajar kamu dengan baik, jangan mengulur-ulur waktu dalam mengerjakan tugas. Biasakan fokus dan mengerjakan tugas di awal waktu.

Tempat yang nyaman merupakan salah satu kunci agar belajar tetap fokus lho. Kamu bisa mencari tempat seperti sudut rumah yang nyaman untuk belajar. Bila perlu kamu bisa mendekor area meja belajar sekreatif mungkin untuk menambah semangat belajar kamu (tapi jangan lupa izin orangtua dulu yaa :D)

  1. Siapkan perangkat yang dibutuhkan

Persiapkan perangkat yang kamu butuhkan, baik itu laptop, gawai, komputer maupun saklar listik untuk mengisi daya perangkat elektronik kamu agar tidak kehabisan daya di tengah-tengah fokus belajar. Pastikan juga perangkat kamu terhubung dengan jaringan internet yang baik agar kamu dapat mengakses Google classroom pada pembelajaran daring yang kamu butuhkan tanpa kendala.

  1. Komunikasi dengan Guru dan teman sekelas

Meskipun kamu belajar dengan jarak jauh dari Bapak/Ibu Guru, bukan berarti kamu bebas bersantai dan menunda tugas yang diberikan. Tetap jaga komunikasi dengan guru dan teman sekelas. Nomor Gawai Bapak/ibu Guru sudah tertera pada Jadwal PJJ yang telah diberikan, jadi Jika kamu butuhkan penjelasan mengenai materi dan tugas dapat langsung menghubungi Bapak/Ibu Guru. Begitu juga, komunikasi dengan teman sekelas itu penting sekali agar kamu bisa berdiskusi mengenai materi atau tugas yang diberikan Bapak/Ibu Guru

  1. Jaga Kebersihan dan Kesehatan

Di saat pandemi COVID-19 ini, kebersihan merupakan salah satu hal yang penting. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan tetap jaga kesehatan dengan cara memberikan asupan makan bergizi bagi tubuhmu agar tidak cepat terserang penyakit. So Stay Clean and Stay Healthy Guys!

Demikian beberapa tips yang dapat kamu terapkan supaya belajar kamu lebih efektif di masa pandemi ini. Ingat tidak ada sesuatupun yang akan kamu dapatkan secara instan, karena semua hal yang baik ada proses dan pengorbanannya. Jadi “Apa pun dirimu, jadilah yang baik.”. -Abraham Lincoln-

Tetap semangat, salam sehat dan sukacita selalu!

Pagedangan, 24 Maret 2021

Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Rahayu, M.Pd

Selama sebulan lebih, Siswa melaksanakan pembelajaran jarak jauh karena pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Lantas, bagaimana pembelajaran daring yang dilakukan siswa dirumah? Apakah bisa berjalan dengan baik dan bisa maksimal?

Untuk membantu siswa bejara dari rumah lebih maksimal, ini 6 tips yang dikembangkan Program PINTAR Tanoto Foundation ini bisa dicoba oleh siswa.

Merangkum dari laman resmi Guru Berbagi Kemdikbud RI, ini 6 tips tersebut :

Ciptakan motivasi untuk belajar dengan cara berikut: Buat perjanjian dengan diri sendiri kalau kamu baru bisa melakukan aktivitas favoritmu (seperti nonton atau main game) setelah semua target belajar tercapai. Tulis dan pajang pepatah motivasi favorit kamu di dekat meja belajar. Kamu juga bisa minta bantuan dari keluarga atau teman-temanmu untuk mengingatkan kamu.

Pergunakan waktu belajarmu dengan efektif dengan teknik Pomodoro berikut. Tentukan target harian dan jam belajar kamu setiap paginya. Buat daftar tugas dan komunikasikan jadwal belajar kamu kepada keluarga atau temanmu supaya bisa ikut memonitor dan membantu kamu. Mulailah bekerja dengan mengikuti teknik mengatur waktu Pomodoro berikut: Buat daftar tugas yang harus dikerjakan Kerjakan tugas selama 25 menit Centang daftar tugas yang sudah terlaksana Istirahatlah selama 5 menit Kembali bekerja selama 25 menit + 5 menit istirahat. Ini adalah satu kegiatan Pomodoro Setelah melaksanakan teknik 4 Pomodoro, lakukan istirahat panjang (30 menit). Setelah semua tugas di daftarmu selesai, lakukan aktivitas lain untuk pengembangan diri kamu.

  1. Mengerjakan tugas dan hobi

Pastikan kamu dapat mengerjakan tugas yang diberikan dengan tepat dengan langkah berikut: Baca penugasan dari guru dengan teliti. Jika belum mengerti, bertanyalah kepada guru atau teman kamu melalui aplikasi chat, SMS, atau telepon. Untuk pembelajaran daring, pastikan kamu sudah menyiapkan HP atau laptop, koneksi internet yang stabil, kuota yang cukup, dan aplikasi belajar yang dibutuhkan. Untuk pembelajaran berbasis proyek, pastikan alat dan bahannya sudah tersedia di rumahmu. Jika ada kendala, langsung laporkan ke orangtua, guru, atau komunikasikan kepada teman. Setelah selesai, laporkan atau kirimkan hasil kerjamu kepada guru dan orangtuamu. Supaya tidak bosan, setelah mengerjakan tugas sekolah, kamu bisa menyegarkan diri dengan berolahraga, memasak, atau melakukan aktivitas favoritmu.

Meskipun tidak bertemu langsung, bukan berarti kamu tidak berinteraksi dengan orang lain. Kamu bisa tetap berkomunikasi dengan orang-orang terdekatmu untuk membantu proses belajarmu dan memastikan kamu tahu apa yang terjadi di sekelilingmu. Orangtua: kamu bisa berdiskusi tentang proyekmu atau isu-isu terkini. Guru: kamu bisa bertanya tentang tugas atau meminta masukan atas hasil tugas yang dikerjakan. Teman-teman sekelas: kamu bisa saling memberi kabar, berdiskusi tentang tugas dan isu-isu terkini. Website sumber belajar dan platform berita: kamu bisa mencari referensi tugas dan membaca berita-berita terkini.

Mengerjakan tugas saja kadang tidak cukup untuk memahami materi pembelajaran. Cara berikut bisa kamu coba untuk benar-benar memahami pelajaran dengan mengulang materinya kembali. Nonton video-video pembelajaran online. Diskusikan materi yang dipelajari dengan teman-teman kamu di group chat. Buat rangkuman atau peta konsep materi tersebut yang dapat membantu kamu mengulang kembali materi tersebut di masa depan. Kerjakan soal-soal tambahan kalau kamu butuh tantangan lebih. 6. Lanjutkan dan perbaiki Setelah mencoba strategi belajar ini, renungkan kembali apakah pola ini berhasil bagi kamu: Jika sudah berhasil, bagaimana supaya lebih optimal?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Belajar di Rumah Lebih Optimal? Ini 6 Tips bagi Siswa", Klik untuk baca: https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/28/174620771/ingin-belajar-di-rumah-lebih-optimal-ini-6-tips-bagi-siswa?page=all.

Penulis : Albertus Adit

Editor : Albertus Adit