Bagaimana cara mengkonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol

Anda sebagai salah seorang pasien kolesterol yang sudah mencoba berbagai cara namun kadar kolesterol normal anda tidak kunjung menurun. Hal tersebut bisa jadi karena kurangnya pantangan makanan junk food atau jenis instan lainnya. Beberapa pasien selalu bergantung kepada obat kimia dan penanganan medis saja untuk menjaga kadar kolesterolnya tetap pada angka normal. Padahal yang paling mempengaruhi tingkat kolesterol dalam tubuh anda akan terus baik dilihat dari pola hidup dan makan yang anda miliki. Obat yang diberikan oleh dokter dan pihak rumah sakit hanya untuk menahan tingkat kolesterol anda menjadi naik. Bukan berarti anda bebas mengkonsumsi makanan jenis apapun setelahnya.

Fungsi kolesterol sudah semakin banyak disalahartikan oleh sebagian orang. Kolesterol di dalam tubuh dapat berperan sebagai pengatur kinerja hormon salah satunya hormon seks. Dengan begitu sebelum kadar kolesterol tersebut menjadi naik dan berdampak buruk, anda harus tetap selalu mengawasi makanan dan menetralisirkannya dengan cara olahraga untuk penderita kolesterol dan imbangi dengan minum jus untuk penderita kolesterol. Jika berat badan anda normal tidak hanya tercegah dari penyakit kolesterol namun juga dapat membuat tingkat percaya diri semakin tinggi. Jangan sampai anda terserang penyakit kolesterol dan menyebabkan terjadi penyakit yang disebabkan oleh kolesterol tinggi. Salah satu cara alami yang kini paling banyak dipilih oleh penderita kolesterol untuk menurunkan kadar jahatnya yakni dengan cara mengkonsumsi bawang putih untuk penderita kolesterol.

Seperti yang kita ketahui bawang putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan telah digunakan oleh orangtua dahulu dari beberapa ratus tahun yang lalu karena terbukti akan khasiat baiknya. Bawang putih selain sering digunakan sebagai bahan masakan karena dapat membuat cita rasa khas yang enak terhadap makanan, dengan kandungan bahan kimia yang disebut allicin ternyata bawang putih terbukti mampu membunuh bakteri dan jamur serta membantu dalam meringankan pencernaan. Jika darah membeku, bawang putih dapat membantu menurunkan sifat pembekuan darah. Karena manfaatnya yang sangat banyak, kini anda dapat dengan mudah menemukan bawang putih yang sudah diolah dan tersedia dalam bentuk praktis berbentuk suplemen dan obat-obatan herbal lainnya.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kolesterol Tinggi

Sebuah studi menyatakan bahwa sekitar satu setengah gram kolesterol bisa diturunkan dengan cara mengkonsumsi bawang putih sebanyak satu gram. Hasilnya hanya akan terlihat jika anda mengkonsumsinya secara rutin setiap hari dengan porsi yang sudah ditentukan. Untuk konsumsi yang berlebihan dalam satu harinya karena hari besok berencana tidak mengkonsumsi tidak berlaku dan tidak memberikan hasil yang baik. Bawang putih terlihat memang mampu menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida hingga 20 mg/dL. Namun untuk kolesterol jahat atau dikenal dengan LDL sedikit susah diturunkan kadarnya dengan konsumsi bawang putih jika tidak diimbangi dengan pantangan makanan.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat dan memperbaiki profil kolesterol. Namun sebuah penelitian pada beberapa penderita kolesterol untuk mengkonsumsi bawang putih mentah dan suplemen bawang putih. Setelah waktu 6 bulan dinyatakan tidak adanya bukti yang menunjukkan pasien mengalami perubahan pada kadar kolesterolnya.

Cara Mengolah Bawang Putih Untuk Menurunkan Kolesterol

Cara mengkonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol tinggi dapat diolah dengan cara:

  • Siapkan bawang putih yang konsumsinya disesuaikan dengan berat badan anda
  • Kupas kulit luarannya agar bisa direbus
  • Iris kecil-kecil
  • Blender jangan terlalu kental
  • Tambahkan bawang goreng
  • Campurkan dengan makanan yang anda makan

Jangan rebus bawang putih terlalu lama dan hindari blender yang terlalu cair. Jika anda tidak terlalu paham cara ini, coba minta tukang jamu meracik bawang putih agar dapat dikonsumsi menjadi minuman yang enak.

[AdSense-C]

Efektivitas yang diberikan oleh khasiat bawang putih terhadap kolesterol bisa mencapai 500-1000 mg kolesterol. Cara mengkonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol dapat juga anda racik secara variasi untuk mencegah rasa enek dan bosan. Karena seperti yang diketahui bahwa konsumsi bawang putih harus dilakukan setiap hari dengan dosis tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Anda dapat menyajikan dalam bentuk bubuk yang sudah diracik menjadi bentuk tablet atau bawang putih yang dikonsumsi secara mentah dengan di blender. Sebelum diblender pastikan anda merebus terlebih dahulu untuk mengurangi rasa yang kurang enak. Saat hendak mengkonsumsi bawang putih, alangkah lebih baik jika anda terlebih dahulu memberitahukan dokter anda mengenai hal ini.

Karena bagi sebagian orang bisa menyebabkan interaksi pada kondisi tertentu. Dalam masa pengobatan dengan bawang putih pasti tubuh anda akan terasa sedikit bau khas dari bawang putih baik pada napas maupun tubuh. Jangan sampai anda mengkonsumsi bawang putih per harinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Karena bahan herbal atau alami apapun meski dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas setiap harinya akan berdampak tidak baik pula. Segala jenis obat-obatan lebih baik dikonsumsi dalam jumlah yang biasa-biasa saja. Kaitkan dengan berat badan saat hendak menentukan kadar konsumsi bawang putih. Sebagai contoh jika berat badan anda mencapai 60 kg maka dosis maksimal anda boleh mengkonsumsi bawang putih sebanyak 15 gram.

Berapa lama konsumsi bawang putih untuk kolesterol?

Dilansir dari Healthline, penelitian menunjukkan, mengonsumsi bawang putih selama 1 hingga 3 bulan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Kapan waktu yang tepat makan bawang putih?

Memakan bawang putih di saat perut sedang kosong, adalah salah satu sumber penyumbang antibiotik bagi tubuh. Hal ini karena, bawang putih dapat membunuh kandungan bakteri dalam perut sebelum makanan masuk dan dicerna. Sebaiknya, makanlah bawang putih sebelum sarapan, agar manfaatnya lebih terasa dan optimal.

Bagaimana cara mengkonsumsi bawang putih yang baik?

Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara langsung alias mentah. Anda bisa mencampurkan bawang putih dalam salad agar lebih nyaman saat dikonsumsi. Opsi lainnya, Anda bisa mencampurkan bawang putih ke dalam kaldu bayam.

Apakah rebusan bawang putih dapat menurunkan kolesterol?

Dari penelitian ini ditemukan bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol hingga 30 mg/dL.