Bahaya tidak menggunakan cd bagi Pria

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Tak sedikit dari para pria terbiasa tidak mengenakan celana dalam saat tidur.

Selain merasa nyaman, banyak anggapan tidak memakai celana dalam saat tidur bisa membuat organ vital tambah panjang. Benarkah?

Seksolog, Dokter Boyke menjelaskan tidak memakai celana dalam itu manfaatnya ialah lebih lega dan gampang terkena angin.

Hal itu membuat organ vital pria menjadi lebih dingin dibandingkan orang yang memakai celana dalam.

“Itu akan membuat lebih subur,” katanya dilansir dari kanal YouTube Tonight Show, Sabtu (19/3/2022).

Namun kepercayaan seseorang bisa membuat Mr P tambah panjang adalah mitos belaka.

“Enggak bertambah panjang. Itu hanya mitos,” tegasnya.

Pakar seksolog ini menyebut, kualitas cairan pria pun jadi lebih baik.

Namun, dampak negatifnya ialah menjadi gondal-gandul tidak jelas.

Dokter Boyke mengatakan, bukan masalah memakai atau tidak memakai.

Akan tetapi, jika memakai celana yang terlalu ketat, baru itu punya bahayanya.

“Itu akan memengaruhi jumlah cairan pria,” terang Boyke. (dra/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:


Jakarta - Saat melakukan aktivitas, sudah pasti semua orang akan menggunakan pakaian dalam. Namun, ketika tidur ada orang yang memilih tetap memakai underwear atau justru tidak menggunakannya. Mana yang lebih dianjurkan?

"Sebaiknya nggak pakai celana dalam, supaya tidak lembab dan jadi kering," ujar dr Abraham Arimuko SpKK saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (1/4/2015).

Namun, jika ingin menggunakan boxer menurut dr Abraham tidak masalah karena dengan bentuknya yang relatif longgar, maka akan lebih banyak sirkulasi udara yang bisa masuk. Senada dengan dr Abraham, dr I Gusti Nyoman Darmaputra SpKK menuturkan di waktu istirahat atau tidur pria bisa saja tidak memakai celana dalam atau menggunakan boxer saja.

"Tapi untuk aktivitas sehari-hari ya sebaiknya pakai celana dalam. Kalau untuk laki-laki celana dalam kan fungsinya untuk menahan buah zakar supaya tidak kendur," kata dr Nyoman.

Dalam keseharian juga kerap dikatakan jika memakai celana dalam saat tidur, apalagi yang ketat, bisa membuat mandul. Hal ini pun ditepis dr Abraham.

Menurutnya, efek penggunaan celana dalam saat pria tidur, termasuk jika terlalu ketat tidak akan menimbulkan efek samping seekstrem itu. Tapi, patut diingat suhu panas di sekitar testis juga berpengaruh pada kesuburan pria.

Baca Juga: Ini yang Dibutuhkan Pria untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

"Kalau terlalu panas, memang produksi sperma bisa berkurang karena testis sebagai pabrik sperma akan terpengaruh. Contoh kondisi panas lain misalnya dia sopir, jok mobilnya tidak dilapisi dan dia terus-terusan duduk, suhu di sekitar testis bisa panas," terang dokter yang praktik di RSPAD Gatot Subroto ini.

Baca juga: Ini Dia Alasan Mengapa Pria Lebih Sehat Jika Pakai Celana Boxer

Dihubungi terpisah, pengamat kesehatan seksual dari Universitas Tarumanaga, dr Andri Wanananda, MS menuturkan buah zakar atau testis pada pria memerlukan suhu yang sesuai dengan suhu tubuh normal, yakni sekitar 36-36,5 derajat Celcius. Bila celana dalam yang dipakai terlampau ketat hingga mengganggu suhu yang ideal untuk produksi sel jantan (spermatozoa), besar kemungkinan akan terjadi proses kemandulan.

"Jelasnya, jumlah, motilitas (pergerakan) dan bentuk sel jantan akan tidak normal," kata dr Andri.

(rdn/vta)

Tidur tanpa celana dalam mungkin terkesan aneh bagi beberapa orang. Namun, tak sedikit juga yang sudah pernah mencoba tidur tanpa dalaman karena terasa lebih ringan dan nyaman. Nah, buat kamu yang sudah pernah mencobanya, lebih baik diteruskan saja ya kebiasaan ini. 

Mengapa demikian?

Tidur tanpa celana dalam, ternyata punya banyak manfaatnya, lho. Tidur dengan kebiasaan ini ternyata membuat organ reproduksi menjadi lebih sehat. Bagi yang belum terbiasa menerapkan hal ini, bisa dicoba ya karena sudah terbukti manfaatnya bagi kesehatan. 

Untuk informasi lebih lanjut, kali ini Popmama.com telah merangkum informasi khusus tentang manfaat tidur tidak memakai celana dalam bagi laki-laki. Dibaca sampai tuntas ya!

1. Mencegah infeksi jamur

Freepik/jcomp

Tidur dengan mengenakan celana dalam kadang membuat alat kelamin menjadi hangat dan basah.

kondisi yang seperti ini dapat memicu jamur penyebab gatal seperti tinea cruris (jock itch) berkembang biak dengan subur. Jamur ini dapat menyebabkan warna merah, iritasi, dan gatal pada alat kelamin bila tidak segera diobati.

Tidur tanpa celana dalam dapat mempertahankan ventilasi atau ruang pada alat kelamin. Jangan lupa juga untuk selalu memastikan daerah organ intim tetap dalam keadaan sejuk dan kering ya, khususnya jika kamu sedang rutin melakukan kegiatan atletik yang berkepanjangan. Usahakan agar daerah organ intim tidak lembab dan basah untuk mencegah tumbuhnya jamur.

2. Mengurangi luka iritasi

Freepik/cookie_studio

Entah itu mengenakan pakaian dalam atau tidak, terkadang penis atau skrotum dapat iritasi karena gesekan dari pakaian yang dikenakan. Jika tidak diobati ini dapat menyebabkan luka dan infeksi yang serius. 

Tidur tanpa mengenakan celana dalam dapat membantu mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan luka pada organ intim.

Sebaiknya pakaian yang dikenakan saat tidur pun harus berbahan lembut dan ringan. Hindari pemakaian celana jeans yang ketat atau celana berbahan kasar untuk menghindari lecet pada area genitalia.
 

3. Memengaruhi produksi sperma

Pexels/DeonBlack

Untuk menghasilkan sperma secara efisien, testis harus berada di suhu sekitar 94°F (34.4° C), beberapa derajat lebih dingin daripada suhu tubuh yang hanya berkisar 97°F  (36,1 celcius sampai 37,2 celcius).

Mengenakan pakaian dalam, khususnya celana dalam ketat, dapat mendorong testis lama bergesekan dengan celana dalam, dan hal itu dapat meningkatkan suhu pada testis atau skrotum.

Kondisi ini dapat membuat lingkungan testis kurang ideal untuk memproduksi sperma dan dapat menyebabkan hipertermia pada testis.

Jika dibiarkan secara terus menerus, hal ini dapat mengurangi jumlah sperma dan meningkatkan peluang kemandulan pada laki-laki, meskipun masih dibutuhkan banyak riset untuk menunjang penelitian tentang ini.

4. Tidur lebih nyenyak

Pexels/AndreaPiacquadio

Suhu tubuh penting untuk menjaga kualitas tidur. Pola tidur manusia diatur oleh ritme sirkadian yang mengatur jam bangun dan tidur tubuh. Dengan kata lain, saat suhu tubuh menurun, otak kita secara otomatis mengirim sinyal bagi tubuh untuk tidur.

Nah, manfaat dari tidur tanpa celana dalam, salah satunya dapat membuat tidur jadi lebih cepat dan nyenyak. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi panas tubuh akibat pemakaian celana yang terlalu ketat.

Selain itu, menurut sebuah studi di Jepang dalam Journal of Physiological Anthropology tahun 2012, suhu ruangan saat tidur juga penting demi kelancaran rapid eye movement (REM).

Tidak terlalu dingin atau panas, suhu ruangan ideal untuk tidur adalah 15–19 derajat Celsius. Jadi, tanpa celana dalam dan cukup ditutupi pakaian dengan bahan yang ringan, dapat membantu suhu tubuh untuk tetap stabil.

5. Meningkatkan keharmonisan pasangan

Freepik/ArthurHidden

Khusus untuk pasangan suami istri, tidur tanpa celana dalam atau telanjang justru dapat membuat pasangan lebih terpicu untuk bermesraan yang tentunya dapat meningkatkan keharmonisan dalam suatu hubungan. Hal ini pun sudah terbukti lewat sebuah studi penelitian.

Studi di Swedia dalam Jurnal Frontiers in Psychology tahun 2015 menyebutkan bahwa saat kulit saling bersentuhan, maka produksi hormon oksitosin alias "hormon cinta" pun lebih banyak.

Dengan tidur tanpa celana dalam atau bertelanjang mampu membangkitkan "hormon cinta" tersebut dan membuat hubungan mu dan pasangan menjadi lebih harmonis.

Itulah tadi soal manfaat tidur tidak memakai celana dalam bagi laki-laki. Nah, jadi gimana nih, tertarik untuk mencoba tidur tanpa celana dalam? Bila kamu belum pernah mencobanya, disarankan untuk mencoba ya.

Meski awalnya mungkin terasa aneh, tetapi tidur tanpa celana dalam bagi laki-laki ternyata memiliki banyak manfaat lho. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan rasakan sendiri manfaatnya!
 

Baca juga:

  • Kualitas Sperma Laki-Laki Bisa Dipengaruhi oleh Celana Dalam Ketat
  • Papa, Jenis Celana Dalam Berpengaruh pada Kesehatan Sperma, Lho
  • Lebih Sehat Mana bagi Kaum Pria, Pakai Celana Dalam atau Boxer?

Apa manfaat tidak memakai cd bagi pria?

Menurut pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini tak memakai celana dalam bisa membuat anu pria lebih lega. Selain itu, mudah terkena angin dan terasa lebih dingin dibandingkan saat memakai celana dalam.

Apakah boleh pria tidak memakai celana dalam?

Apakah lebih sehat atau justru sebaliknya? Bagi sebagian laki-laki, tidak pakai celana dalam adalah suatu kebebasan. Penis dan testis pun bisa "bernapas" untuk sementara. Beraktivitas tanpa celana dalam dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi udara, menurunkan risiko infeksi, dan membantu produksi sperma.

Apakah tidur tanpa cd bagi pria?

Nah, guys, itulah beberapa manfaat manfaat tidur tidak menggunakan CD bagi pria. Selain meningkatkan kualitas tidur yang menyehatkan tubuh dan pikiran, ternyata tidur tanpa celana dalam juga bisa menjaga dan meningkatkan kesuburan, pastinya nggak gerah!

Apa Fungsi celana dalam bagi pria?

Dapat menyangga penis dengan baik. Saat menggunakan celana dalam, pria akan merasa nyaman ketika beraktivitas dan bergerak. Daat menutupi vagina dan melindungi dari kotoran yang akan masuk dan menyebabkan gangguan pada alat vital. Memberikan kenyamanan pada pemakai.