Cara menggunakan unphp

Informasi ini ditujukan untuk pengembang aplikasi yang menggunakan versi SDK Portabel untuk perangkat UPnP, yang disebut juga dengan libupnp, sebelum 1.6.18. Libupnp adalah library yang digunakan untuk memutar file media atau menghubungkan ke perangkat lain dalam jaringan pengguna. Harap segera migrasikan aplikasi Anda untuk menggunakan libupnp v1.6.18 atau yang lebih tinggi lalu tambahkan nomor versi APK yang telah diupgrade.

Yang terjadi

Mulai tanggal 9 Mei 2016, Google Play memblokir publikasi aplikasi baru atau update yang menggunakan versi libupnp sebelum 1.6.18. Lihat pemberitahuan di Konsol Play Anda. Setelah batas waktu yang ditampilkan di Konsol Play, aplikasi apa pun yang memiliki kerentanan keamanan yang belum diperbaiki akan dihapus dari Google Play.

Tindakan yang diperlukan​

  1. Login ke Konsol Play Anda, lalu buka bagian Notifikasi untuk melihat aplikasi yang terpengaruh dan batas waktu untuk menyelesaikan masalah ini.
  2. Update aplikasi yang terpengaruh dan perbaiki kerentanannya.
  3. Kirimkan versi terupdate aplikasi yang terpengaruh.

Setelah pengiriman ulang, aplikasi Anda akan ditinjau kembali. Proses ini dapat memerlukan waktu hingga beberapa jam. Jika aplikasi berhasil melewati peninjauan dan dipublikasikan, tidak ada tindakan lebih lanjut yang perlu dilakukan. Jika aplikasi gagal ditinjau, versi aplikasi baru tidak akan dipublikasikan dan Anda akan menerima pemberitahuan via email.

Detail tambahan

Kerentanan ini telah diatasi dalam libupnp 1.6.18. Versi terbaru SDK libupnp dapat diunduh di situs libupnp. Jika Anda perlu bantuan untuk meningkatkan versi aplikasi, lihat laman dukungan libupnp. Jika menggunakan library pihak ketiga yang menyatukan libupnp, Anda harus mengupgradenya ke versi yang menyatukan libupnp 1.6.18 atau yang lebih baru.

Versi lipupnp yang terpengaruh memuat kerentanan luapan buffer tumpukan yang memungkinkan penyerang menjalankan kode acak pada perangkat yang terpengaruh. Untuk informasi selengkapnya tentang kerentanan, lihat entri blog TrendMicro ini. Untuk pertanyaan teknis lainnya, Anda dapat mengeposkan ke Stack Overflow serta menggunakan tag “android-security” dan “libupnp”.

Meski masalah ini mungkin tidak memengaruhi setiap aplikasi yang menggunakan libupnp, sebaiknya selalu perbarui semua patch keamanan. Aplikasi dengan kerentanan yang menimbulkan risiko bagi pengguna untuk disusupi dapat dianggap sebagai produk berbahaya yang melanggar Kebijakan Konten dan pasal 4.4 Perjanjian Distribusi Developer.

Aplikasi juga harus mematuhi Perjanjian Distribusi Developer dan Kebijakan Konten. 

Kami siap membantu

Jika ada pertanyaan teknis tentang kerentanan, Anda dapat mengirim postingan ke Stack Overflow dan menggunakan tag “android-security”. Untuk penjelasan tentang langkah-langkah yang diperlukan guna mengatasi masalah ini, Anda dapat menghubungi tim dukungan developer kami.

Apakah ini membantu?

Bagaimana cara meningkatkannya?

Artikel

Universal Plug and Play (uPnP)

Jum'at, 25 Maret 2016, 09:43:00 WIB
Kategori: Fitur & Penggunaan

MikroTik RouterOS telah mensupport sebuah fitur yaitu Universal Plug and Play untuk koneksi jaringan peer-to-peer dari perangkat-perangkat yang ada. Sehingga dengan fitur ini memungkinkan untuk melakukan komunikasi data antara perangkat-perangkat yang terkoneksi secara dinamic. Jadi secara otomatis perangkat tersebut melakukan discovery dan bergabung ke jaringan tanpa perlu konfigurasi secara manual.

Ada dua jenis interface yang digunakan dalam uPnP, yaitu Internal (Interface dimana client local terhubung) dan eksternal (interface diamana link ke internet terhubung). Sehingga pada sebuah router bisa jadi memiliki 1 innterface eksternal dengan satu IP Public , dan ada beberapa internal interface sebagaimana kebutuhan jaringan lokal yang ada, dan semua menggunakan source-NAT "Internal' IP Address.

Fitur uPnP sudah banyak digunakan pada perangkat/aplikasi saat ini, seperti kebanyakan DirectX game, serta berbagai macam apliaksi networking, sosial dan hiburan (remote assistance, file transfer, voice, video).

Konfigurasi uPnP di MikroTik

Untuk konfigurasi uPnP di MikroTik sendiri sangat mudah. Sebagai contoh kasus dibawah ini ada sebuah topologi yang mana jaringan LAN akan kita bangun menggunakan fitur uPnP (Universal Plug and Play).

Pertama, kita akses router dan masuk ke menu IP -> uPnP. Kemudian akan muncul tampilan dialog box seperti gambar dibawah ini. Kita tinggal mencentang opsi 'Enabled' untuk mengaktifkan fitur uPnP pada MikroTik.


Kedua, kita juga harus menentukan interface yang ada pada router apakah sebagai 'Internal interface' atau 'External Interface'. Untuk mengaturnya kita klik pada tombol command 'Interface'. 

Selanjutnya, tambahkan masing-masing interface router yang terhubung ke internet (Public) maupun LAN dengan menentukan apakah sebagai 'Internal Interface' atau 'External Interface.

Sampai langkah ini fitur uPnP bisa kita pergunakan untuk membangun jaringan secara 'Plug and Play'.Sebagai catatan, perlu dipastikan juga bahwa perangkat atau aplikasi yang akan digunakan pada jaringan LAN sudah mendukung fitur Universal Plug and Play (uPnP).

Kembali ke :
Halaman Artikel | Kategori Fitur & Penggunaan