Kenapa HP Vivo tidak bisa download aplikasi di Play Store

 Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Install Aplikasi

HP VIVO Tidak Install Aplikasi - Gagal menginstall aplikasi di HP VIVO seperti ini banyak dialami oleh pengguna, dan mereka tidak tahu cara mengatasinya. hal ini bisa terjadi saat memasang aplikasi lewat Google Playstore atau file APK yang didownload melalui situs penyedia aplikasi android di internet. Penyebabnya pun bermacam-macam, baik karena kesalahan dari pengguna, error pada sistem HP ataupun masalah kebijakan keamanan di android. Masalah seperti ini bisa saja terjadi pada semua tipe HP VIVO.

Apa pun yang menjadi faktor penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara untuk mengatasi masalah error saat memasang aplikasi di VIVO tersebut. Tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini akan saya bahas penyebab dan cara mengatasi HP VIVO tidak bisa instal aplikasi yang ampuh dan mudah. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Tidak Bisa Install Aplikasi di HP VIVO

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab utama HP VIVO tidak bisa menginstal aplikasi di dalamnya. Penting untuk mengetahui penyebabnya ini agar kita lebih mudah dalam melakukan perbaikan dan sekaligus pencegahan. Adapun penyebab tidak bisa memasang aplikasi di VIVO semua tipe selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Ruang memori internal HP VIVO yang sudah penuh. 
  2. Aplikasi Google Playstore mengalami error atau corrupt. 
  3. Koneksi internet di HP yang tidak stabil atau bahkan tidak terhubung sama sekali. Bisa juga dikarenakan kuota internet yang sudah habis. 
  4. Permasalahan izin install aplikasi yang tidak dikenal di HP VIVO yang belum diaktifkan.
  5. Error atau bug pada sistem android. 
  6. Terdapat file cache yang menumpuk di memori.
  7. Google Playstore belum diupdate ke versi terbaru.

Cara Memperbaiki HP VIVO Tidak Bisa Install Aplikasi

Permasalahan tidak dapat install aplikasi di HP VIVO seperti ini biasanya bermacam-macam. Baik itu tidak bisa klik tombol Install di Google Playstore, muncul notifikasi “Application not installed android”, menunggu download, dan lain sebagainya. Apa pun jenis errornya, cara mengatasinya tetap sama. 

Adapun cara memperbaiki android VIVO tidak bisa install aplikasi yang mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP VIVO

Cara yang pertama untuk mengatasi HP VIVO yang tidak bisa instal aplikasi yakni dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang. Cara ini memang bisa mengatasi berbagai masalah error ringan pada HP android, termasuk tidak bisa install aplikasi seperti ini. 

Melakukan restart HP VIVO juga akan menghapus file cache yang tersimpan sementara di RAM. Di mana file cache yang menumpuk ini juga bisa menjadi penyebab kegagalan pemasangan aplikasi di HP VIVO.

2. Cek Koneksi Internet di HP

Koneksi internet di HP VIVO yang tidak stabil atau bahkan tidak terhubung sama sekali, tentunya hal ini akan menyebabkan HP tidak bisa instal aplikasi di Play Store. Pasalnya, saat akan menginstall aplikasi dari Play Store HP harus terlebih dahulu melakukan download file. Dan aktivitas download file aplikasi ini tentunya membutuhkan sambungan internet.

Untuk mengatasi koneksi internet di HP VIVO yang error, kamu bisa mengaktifkan Mode Pesawat atau AirPlane Mode di dalamnya. Tunggu beberapa saat, lalu matikan lagi Mode Pesawat tersebut dan aktifkan data seluler HP. Coba ulangi proses download dan instal aplikasi melalui Google Playstore.

3. Hapus atau Pindahkan File yang Tersimpan di Memori Internal

Memori internal HP yang penuh sudah pasti kamu tidak bisa lagi menambahkan file di dalamnya, termasuk file instalasi dari aplikasi baru yang ingin dipasang. Solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan menghapus file yang tidak diperlukan. Atau jika memang masih penting, kamu bisa memindahkan file media tersebut ke microSD atau penyimpanan lain. 

Selain file media, cache dan data aplikasi juga sering menjadi penyebab memori internal cepat penuh. Kamu perlu melakukan penghapusan cache dan data aplikasi tersebut agar ruang memori menjadi lebih lega. Jika memang ada aplikasi yang tidak dibutuhkan, sebaiknya hapus atau uninstall saja. 

Catatan: Perlu diingat, menghapus data aplikasi akan membuat semua data dan pengaturan di dalamnya direset. Dalam kondisi ini aplikasi akan kembali seperti baru pertama kali diinstall.

4. Menghapus File Cache dan Data di Google Playstore

Penyebab utama tidak bisa install aplikasi baru dari Google Playstore yakni karena adanya masalah error pada aplikasi tersebut. Untuk mengatasinya kamu perlu melakukan penghapusan file sampah dan data dari Google Playstore. Cara ini juga akan mengatasi permasalahan tidak bisa klik tombol Install dan download macet / menunggu di Google Playstore. 

Untuk cara menghapus file cache dan data dari Google Playstore tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Kemudian masuk ke Pengaturan Lainnya, lalu klik opsi Semua
  • Selanjutnya kamu cari dan klik pada aplikasi Google Playstore.
  • Pada halaman tersebut kamu perlu menghentikan aplikasi Google Playstore dengan klik Paksa Berhenti.
  • Lanjutkan dengan klik Penyimpanan
  • Lalu klik Hapus Cache
  • Kemudian lanjut dengan klik Hapus Data dan konfirmasi. 
  • Selesai.

Catatan:

Jika masih tidak bisa, coba kamu lakukan penghapusan cache dan data pada aplikasi Layanan Google Play dengan cara yang sama seperti di atas. Restart HP VIVO terlebih dahulu sebelum mengulangi proses install aplikasi.

5. Perbarui Google Playstore ke Versi Terbaru

Bisa jadi kamu tidak mengaktifkan update Google Playstore secara otomatis, sehingga aplikasi masih dalam versi lama dan tetap kamu gunakan. Tidak diherankan akan ada banyak error dan bug yang terjadi pada aplikasi tersebut, termasuk permasalahan tidak bisa install aplikasi di dalamnya. 

Untuk itu, kamu harus memperbarui Google Playstore ke versi terbaru. Caranya sangat mudah, yakni:

  • Buka Google Playstore di perangkat HP VIVO. 
  • Pada halaman utama aplikasi kamu klik Foto Profil yang ada di pojok kanan atas tampilan. 
  • Kemudian pilih opsi Setelan
  • Scroll ke bawah lalu klik opsi Tentang
  • Kemudian pada bagian opsi Versi Play Store, kamu klik Update Play Store jika memang tersedia versi aplikasi terbaru. 
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.

6. Aktifkan Izin Pasang Aplikasi Tidak Dikenal

Di HP VIVO dibekali fitur keamanan tambahan yang akan menolak otomatis aplikasi yang diinstall dari luar Google Playstore. Misalnya saja kamu mengunduh file APK dari situs penyedia aplikasi di internet, sudah pasti saat ingin memasangnya maka sistem akan mendeteksi ini sebuah bahaya. Sehingga penginsatalan aplikasi yang tidak dikenal ini tidak bisa dilakukan. 

Untuk itu, sebelum menginstall file APK dari aplikasi, kamu hidupkan atau aktifkan dulu izin pasang aplikasi tidak dikenal tersebut. Cara mengatifkannya fitur tersebut, yakni:

  • Buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Lalu masuk ke opsi Pengaturan Lainnya.
  • Lanjutkan dengan klik Pengelolaan Izin (Aplikasi).
  • Kemudian pilih opsi Pasang Aplikasi yang Tidak Dikenal.
  • Selanjutnya pilih aplikasi yang digunakan untuk mengunduh file APK sebelumnya. Jika kamu mendownloadnya menggunakan Google Chrome, maka pilih Google Chrome dan aktifkan izin installnya.
  • Selesai.

7. Kembalikan HP VIVO ke Setelan Pabrik

Dan cara yang terakhir untuk memperbaiki HP VIVO tidak bisa pasang aplikasi, yakni dengan melakukan reset atau factory reset. Cara ini akan mengembalikan HP VIVO ke pengaturan pabrik, yang mana semua data di memori internal akan dihapus secara pemanen. Dan juga pengaturan di HP VIVO tersebut akan direset ke mode default.

Untuk cara melakukan reset HP VIVO semua tipe ini sendiri, yakni:

  • Pertama buka menu Pengaturan di HP VIVO.
  • Kemudian masuk ke opsi Pengaturan Lainnya.
  • Selanjutnya pilih opsi Cadangkan & Reset.
  • Lalu pilih opsi Hapus Semua Data.
  • Kemudian konfirmasi dengan pilih Hapus Penyimpanan Telepon.
  • Masukkan PIN atau password jika sistem memintanya.
  • Selesai.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara memperbaiki HP VIVO tidak bisa install aplikasi, baik di Google Playstore atau hasil download dari situs penyedia aplikasi lain. Jangan lupa bagikan artikel di situs TrenAndroid.com ini ke akun media sosial pribadimu.

Kenapa tiba tiba tidak bisa download aplikasi di Play Store?

Beberapa penyebabnya meliputi memori internal (penyimpanan) sudah tidak mencukupi, koneksi internet yang tidak stabil, data cache Play Store yang sudah corrupt, hingga adanya kesalahan dalam perangkat sistem operasi.

Apa penyebab aplikasi tidak bisa di instal?

Penyebab Android Gagal Install Aplikasi Penyebab umum yang sering terjadi pada pengguna android yakni memori penuh atau tidak terdapat ruang kosong untuk file instalasi. Selain itu, banyak pengguna android yang juga tidak memperhatikan masalah cache atau file sementara.

Bagaimana cara meng update Play Store?

Cara mengupdate Google Play Store.
Buka aplikasi Google Play Store ..
Di kanan atas, ketuk ikon profil..
Ketuk Setelan Tentang. Versi Play Store..
Anda akan menerima pesan yang memberitahukan bahwa Play Store sudah versi terbaru. Ketuk Oke. Jika tersedia, update akan otomatis didownload dan diinstal dalam beberapa menit..

Dimana letak sumber tidak dikenal di hp vivo?

Bagaimana cara mengaktifkan/mematikan sumber yang tidak dikenal? Buka Pengaturan>Pengaturan lainnya>Pengelolaan izin (Aplikasi)>Pasang aplikasi yang tidak dikenal>pilih aplikasinya, lalu anda dapat mengizinkan atau melarang untuk menginstall aplikasi yang tidak dikenal.