Ruangan 4x6 ac berapa pk

Daftar IsiRumus Hitungan PK yang Ideal untuk RuanganSaat memilih AC untuk kebutuhan rumah, kamu mungkin akan direkomendasikan AC 1 PK karena jenis ini paling umum dipilih. Lantas, AC 1 PK untuk ruangan ukuran berapa?

AC 1 PK banyak dipilih bukan tanpa alasan. Selain dianggap mencukupi untuk kebutuhan pendingin ruangan, konsumsi daya juga menjadi pertimbangan.

Baca Juga:

  • 5 Cara Membersihkan AC Sendiri Anti Ribet
  • Ini Arti Lambang Pada Remote AC Secara General

Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli AC

(Daikin)

Semakin tinggi ukuran PK, semakin tinggi pula kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Namun, semakin tinggi juga konsumsi dayanya.

Maka, saat membeli AC, kamu harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut ini:

BTU/h (British Thermal Unit per hour)

Ini adalah satuan kapasitas yang menunjukkan kecepatan AC untuk mendinginkan ruangan dalam hitungan jam. Pins perlu tahu bahwa cara kerja AC mendinginkan ruangan adalah dengan mengembuskan udara dingin ke dalam ruangan.

Selama proses pendinginan berlangsung, unit AC juga menyedot udara panas di dalam ruangan dan mengeluarkannya. Itulah kenapa pada unit AC split ada dua bagian, yaitu unit indoor dan outdoor.

PK Kompresor

PK adalah singkatan dari ‘Paarkdekracht’, bahasa Belanda yang artinya tenaga kuda atau horse power. Ini merupakan satuan daya pada kompresor AC yang kemudian bisa dikonversi ke BTU.

Sebagai contoh:

½ PK setara dengan 5.000 BTU/jam

1 PK setara dengan 9.000 BTU/jam

2 PK setara dengan 18.000 BTU/jam

Dapat dilihat dari angka konversi di atas, semakin tinggi PK, semakin besar pula kemampuannya dalam mendinginkan ruangan.

Baca Juga:

  • Cara Mengatur Suhu AC Paling Dingin Namun Nyaman Untuk Tidur
  • 5 Ciri dan Cara Mengetahui Kapasitor AC Rusak

Daya Listrik (Watt)

Semakin tinggi PK atau BTU AC, semakin tinggi pula Watt-nya. Maka, saat membeli AC kamu harus mempertimbangkan apakah daya listrik di rumahmu sudah memadai.

Untuk ukuran AC Standar 1 PK, umumnya membutuhkan daya sebesar 840 Watt. Artinya, saat AC dinyalakan, sebesar itulah tegangan yang dibutuhkan.

Kendati demikian, jenis AC juga berpengaruh terhadap konsumsi daya. Pada AC Inverter, daya yang dibutuhkan sebesar 225 – 920 Watt. Artinya, saat baru dinyalakan AC membutuhkan daya sebesar  920 Watt dan lambat laun akan turun hingga 225 Watt.

Itulah kenapa AC inverter dianggap sebagai AC hemat listrik. Meski daya yang dibutuhkan cukup besar di awal, dalam jangka panjang justru konsumsi daya lebih sedikit.

Rumus Hitungan PK yang Ideal untuk Ruangan

(Grid.id)

Mungkin kamu bertanya-tanya, kalau PK 1/2 lebih hemat energi, berarti lebih baik beli AC 1/2 PK saja, kan? Belum tentu, sebab penentuan PK yang ideal tergantung dari ukuran ruangan tempat AC diinstalasi.

Pemilihan PK yang ideal bisa dihitung dengan rumus Panjang (P) x Lebar (L) x 537 BTU/h. Rumus ini berdasarkan asumsi tinggi ruangan standar pada umumnya yaitu antara 2,5m – 3m.

Dari penghitungan ini, nantinya akan diketahui kekuatan AC ideal untuk ruangan tersebut dalam BTU/h. Dengan mengetahui BTU, kemudian kamu bisa mengetahui PK yang ideal dengan mencocokkan konversi BTU dengan PK.

AC 1 PK yang setara dengan ± 9.000 BTU/h idealnya dipasang pada ruangan berukuran luas 18m².  Contohnya adalah ruangan dengan panjang 3 x 6 meter atau 4 x 4,5 meter.

Untuk rumah standar di Indonesia pada umumnya, ruangan sebesar ini biasanya berupa ruang tamu. Bahkan, pada rumah modern minimalis, ruangan sebesar ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu sekaligus ruang makan dan ruang keluarga.

Lantas, bagaimana kalau luas ruangan tidak sampai 18m², misalnya untuk kamar berukuran 3x3m? Kamu bisa memilih AC dengan PK 1/2 yang sudah mencukupi dengan kekuatan sekitar 5.000 BTU/jam.

Baca Juga:

  • Cara Mendinginkan AC Ruangan Agar Dingin Maksimal
  • Cara Menghitung BTU AC yang Sesuai Dengan Luas Ruangan

Bagaimana Jika PK AC Lebih Rendah dari PK Ideal?

(Daikin)

Untuk menjawab pertanyaan ini, Pins harus memahami prinsip kerja AC. Sebelumnya disebutkan bahwa AC menyedot udara panas dan mengeluarkannya serta mengembuskan udara dingin ke dalam ruangan.

Dengan prinsip kerja inilah AC dapat mendinginkan ruangan secara berangsur-angsur. Nah, selama bekerja, AC akan berusaha mencapai suhu yang telah diatur dengan remote AC.

Jika PK AC lebih kecil dari PK ideal, AC akan kesulitan untuk mencapai temperatur yang diinginkan. Akibatnya, komposer akan bekerja terus menerus tiada henti.

Saat kompresor bekerja terus menerus, daya listrik yang dikonsumsi juga lebih besar. Di samping itu, komponennya akan cepat rusak karena bekerja keras tiada henti.

Jadi, meski Watt-nya lebih kecil, Pins tidak disarankan memakai AC dengan PK lebih rendah dari ukuran ideal.

Baca Juga:

  • Cara Membersihkan Saluran Pembuangan AC Yang Mampet
  • AC Dibagi 2 Ruangan? Efektifkah Cara Ini Untuk Mendinginkan Ruangan?

Bagaimana Jika PK AC Lebih Tinggi dari yang Dibutuhkan?

(Daikin)

Semakin tinggi PK AC, semakin tinggi pula kemampuannya dalam mendinginkan ruangan. Di samping itu, harga dan Watt-nya juga lebih tinggi.

Kendati demikian, AC akan mencapai suhu yang diinginkan dengan lebih cepat. Ketika suhu yang diinginkan sudah tercapai, kompresor akan berhenti secara otomatis.

Dalam keadaan ini, kompresor beristirahat sejenak sementara kipas dan komponen lainnya masih bekerja. Ketika suhu ruangan mulai naik, kompresor AC akan bekerja kembali untuk menurunkan suhu ruangan. Begitu seterusnya.

Jadi, ketika PK AC lebih tinggi dari yang dibutuhkan, komponen AC akan lebih awet karena ada periode istirahat. Namun, harga unit AC juga lebih tinggi dan kebutuhan daya listriknya juga tinggi.

Maka, pilihan terbaiknya adalah menggunakan AC dengan ukuran PK yang ideal sesuai rumus di atas.

Nah, sekarang sudah tahu kan, AC 1 PK untuk ruangan ukuran berapa? Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

  • Cara Mengatur Suhu AC Agar Tidak Terlalu Dingin Saat Tidur
  • 5 Alasan Remote AC Tidak Berfungsi dan Cara Mengatasinya
  • 10 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Beserta Cara Mengatasinya

Featured Image Source: Unsplash

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Berapa PK AC untuk kamar ukuran 4x4?

Nah bila anda ingin menggunakan AC Inverter, pastikan Btu AC-nya lebih besar dari kebutuhan ruangan yah. Jadi contoh bila ruangan kamar ukuran 4×4 kan kebutuhan ruangan 9.600 Btu. Kami sungguh sangat menyarankan penggunaan AC Inverter 1.5PK dibanding 1PK.

AC 1 PK untuk ukuran ruangan berapa?

Luas ruangan sangat berpengaruh pada suhu dari AC yang akan dipasang. Sebagai contohnya, untuk ruangan yang berukuran 18 meter persegi, sebaiknya Anda menggunakan AC yang berukuran 1 PK.

AC 2 PK untuk kamar ukuran berapa?

2 PK= 18.000 BTU (ukuran ruangan 36 meter persegi).

AC 1 2 PK untuk kamar ukuran berapa?

AC ½ PK = ± 5.000 BTU/h → ukuran ruangan 10m²