• Home
  • Telco

Selasa, 05 Oktober 2021 - 04:18 WIB

loading...

Posisi Mark Zuckerberg sebagai orang terkaya versi Bloomberg Billionaires Index turun di posisi kelima setelah Whatsapp, Facebook dan Instagram down. Foto/Twitter.

A A A

JAKARTA - Pengusaha teknologi Mark Zuckerberg jadi bulan-bulanan di dunia maya sejak Senin (4/10/2021) malam setelah tiga aplikasi miliknya WhatsApp, Facebook dan Instagram kompak down. Bloomberg melaporkan setelah ketiga aplikasi itu down, kekayaan pribadi pria kelahiran 14 Mei 1984 itu langsung drop sekitar USD7 miliar atau nyaris setara Rp99,5 triliun.

Parahnya kehilangan uang sebesar itu hanya terjadi dalam waktu yang singkat. Kerugian diprediksi bakal terus membesar apabila ketiga aplikasi itu tidak segera menormalkan kembali layanan mereka seperti sedia kala.

Salah satu indikator kerugian itu didapatkan berdasarkan nilai saham yang dimiliki Facebook . Nasdaq Composite Index dari Facebook merupakan salah satu yang mengalami penurunan yang sangat tajam sebesar 2,1 persen di 14,255.48. Dow Jones Industrial Average juga menunjukkan penurunan sebesar 0,9 persen jadi 34,002.92 sementara S&P 500 Facebook jatuh 1,3 persen ke 4,300.46.

Baca juga : WhatsApp, Facebook, Instagram Kompak Down Ini Penyebabnya

Menurut Bloomberg penurunan saham itu mencapai 5 persen. Hal ini makin parah buat Mark Zuckerberg pasalnya sejak pertengahan September lalu sudah mengalami penurunan sebesar 15 persen.

Penurunan saham itu membuat harta kekayaan Mark Zuckerberg terkoreksi menjadi USD120,9 miliar atau setara Rp1.719 Triliun. Penurunan ini membuat posisi Mark Zuckerbeg di Bloomberg Billionaires Index turun ke posisi 5 di bawah Bill Gates. Semuanya makin menyusahkan buat suami Priscilla Chan karena memang sejak September lalu harta kekayaannya sudah terkoreksi hampir USD19 miliar atau setara Rp270,2 triliun. Dalam catatan Bloomberg Billionaires Index harta kekayaan semula adalah USD140 miliar atau mencapai Rp1.991 triliun.

Tidak hanya rugi secara finansial, derita Mark Zuckerberg bertambah karena dirundung di dunia maya. Lini masa Twitter dipenuhi dengan tanda pagar Mark Zuckerberg serta tiga aplikasi miliknya Facebook, WhatsApp dan Instagram.

Baca juga : Siap Jadi Mobil Pengawal Presiden Jokowi, Mercedes Buat G-Class Versi Militer

Salah seorang pengguna Twitter, Jim West bahkan mengunggah berita Bloomberg soal kerugian yang diderita Mark Zuckerberg dengan satu kata yang menohok. "Bagus," tulisnya lengkap dengan wajah Mark Zuckerberg yang terlihat sedih.

Tidak hanya itu kesialan Mark Zuckerberg bahkan dikait-kaitkan dengan serial Netflix yang tengah populer Squid Game. Dalam unggahan itu Mark Zuckerberg diperlihatkan seolah menampar semua pekerja ketiga aplikasi.

Ada juga yang menyamakan wajah sedih Mark Zuckerberg dengan pemeran utama Squid Game, Seong Gi-Hun yang tengah sedih karena tidak punya uang.

(wsb)

  • mark zuckerberg
  • whatsapp down
  • facebook down
  • instagram down

Berita Terkait

Berita Terkini More

1 jam yang lalu

1 jam yang lalu

4 jam yang lalu

10 jam yang lalu

11 jam yang lalu

14 jam yang lalu

Facebook Instagram WhatsApp milik siapa?

Liputan6.com, Jakarta - Mark Zuckerberg memperkenalkan Meta sebagai nama baru untuk Facebook, induk perusahaan yang menaungi Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger.

Siapa pemilik WA dan IG?

Dari perusahaan medsos jadi metaverse Mengingat memang dari sejarahnya, Facebook Inc. lahir berkat kesuksesan jejaring sosial Facebook. Baru disusul dengan kesuksesan media sosial lain yang diakuisisi Facebook Inc., yaitu WhatsApp dan Instagram, serta layanan pesan instan Messenger.

Meta milik siapa?

Meta adalah perusahaan Facebook yang diubah namanya oleh Mark Zuckerberg.

Siapa yang punya aplikasi WhatsApp?

Jan Koume Pemilik dan Pendiri WhatsApp (Foto: MNC Media) WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang dibuat oleh dua bersahabat Brian Acton dan Jan Koum. Dua bersahabat ini merupakan rekan saat masih bekerja sebagai karyawan.